Piringan cakram mobil yang berkarat(KOMPAS.com/ SELMA AULIA)
Piringan cakram mobil yang berkarat(KOMPAS.com/ SELMA AULIA) ( KOMPAS.COM)

Video Viral Modus Rem Mobil Berasap di Puncak, Kenali Untuk Penyebabnya

30 Oktober 2023 19:11 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Video viral di media sosial seorang warganet mengaku menjadi korban pemerasan dengan modus kerusakan rem mobil yang mengeluarkan asap di daerah Puncak Bogor, Jawa Barat.

Dalam video yang diunggah akun TikTok chilmoysee, sang perekam berasumsi bahwa dia dan keluarga sedang menjadi korban penipuan sejumlah oknum. Mobilnya disebut bermasalah pada bagian rem, padahal tidak.

"Buat teman-teman mau weekend atau jalan jalan ke puncak jangan di skip dulu ya videonya, kita posisinya lagi dikerjain tukang bengkel di wilayah Puncak Pass bagian bawah, katanya ban depan mobil kita remnya keluar asal sampai langsung dibongkar," kata perekam video, dikutip Senin (30/10/2023).

“Sebelumnya aku dan suami udah curiga mereka (pelaku) udah kayak komplotan, ada yang teriak dari motor, tepi jalan. Terus saat diarahkan ke bengkel ini, mekaniknya sudah tahu kerusakan yang dialami," lanjutnya.

"Sesampainya di bengkel, ban langsung dibongkar enggak ditanya dulu mau diapain ini mobil dan langsung fokus ke bagian pengereman depan," ujarnya.

"Teman-teman diimbau hati-hati ya karena korbannya sudah ada dua, waktu kemaren ke sini udah ada yang kena dan parkir di tepi cuma pemiliknya enggak mau mobilnya langsung dibongkar," katanya.

Saat berita ini ditulis, postingan ini disukai lebih dari 40.000 rang dan mendapat lebih dari 3.000 komentar. Video tersebut juga dibagikan lebih dari 4.000 kali.

Dalam video tidak diceritakan lebih lanjut kondisi mobil setelah ban mobil dibongkar, apakah benar rem bermasalah atau tidak. Kemudian solusi setelah rem disebut keluar asap.

Bicara mengenai rem mobil ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan rem mengalami kendala.

Dengan asumsi mobil berada di daerah Puncak maka disinyalir rem panas karena terlalu sering dipakai. Kondisi ini muncul akibat gesekan antara tromol rem dan kampas rem yang menyebabkan panas hingga muncul asap.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm