Motor listrik Savart di IMOS 2023(KOMPAS.com/STANLY RAVEL)
Motor listrik Savart di IMOS 2023(KOMPAS.com/STANLY RAVEL) ( KOMPAS.COM)

Bukti Savart S-1 Motor Listrik Asli Buatan Indonesia Bukan China

30 Oktober 2023 19:21 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Savart resmi meluncur di Indonesia Motorcycle Show (IMOS+) 2023 yang berlangsung di ICE BSD City, Tangerang.

Kehadirannya menambah daftar jajaran sepeda motor listrik lokal. Hal ini lantaran Savart mengklaim sebagai merek buatan anak bangsa bukan merek dari luar negeri yang cuma ganti logo atau emblem.

Untuk penetrasi awal di pasar otomotif Indonesia, Savart meluncurkan Savart S-1. Motor bergaya maxi scooter ini punya desain mengotak alias boxy yang sekilas mengingatkan pada BMW CE 04.

William Taifan, CEO PT Garda Energi Nasional Indonesia sebagai produsen Savart mengatakan, Savart mendesain skuter listrik dari nol dan mengembangkan komponen elektrik serta mekanik sendiri.

"Perusahaan sudah berdiri sejak 2018 dan selama itu kami terus mengembangkan motor ini," kata William di Tangerang, pekan lalu.

William mengatakan, pihaknya membangun riset dan pengembangan (R&D) sendiri. Kantor pusat berada di Surabaya-Sidoarjo dengan pabrik pembuatan berada di Mojokerto.

Berdasarkan pengembangan komponen utama yang dilakukan, William mengatakan, Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Savart S-1 sudah mencapai 60 persen.

William mengatakan, bukti bahwa produknya bikinan sendiri dan bukan rebadge merek China atau produk lain ialah terdaftar pada Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

"Dari desain, intellectual property milik kami, paten HaKI, beberapa komponen di situ ada nomor registrasi," kata William.

Di Indonesia sendiri, intellectual property right meliputi beberapa macam kategori antara lain yaitu hak cipta, paten, merek, rahasia dagang dan desain industri.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm