IMOS 2022 dimeriahkan berbagai komponen pendukung dengan roda dua, salah satunya ialah boks motor dari merek Givi.(KOMPAS.com/Gilang)
IMOS 2022 dimeriahkan berbagai komponen pendukung dengan roda dua, salah satunya ialah boks motor dari merek Givi.(KOMPAS.com/Gilang) ( KOMPAS.COM)

Panduan Untuk Pilih Boks buat Bikers, Jangan Terlalu Besar

30 Oktober 2023 19:48 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Aksesori seperti boks yang dipasang di belakang motor bisa bermanfaat buat bawa banyak barang. Hanya, ada ketentuan ukuran dan motor agar tidak mengganggu rasa berkendara.

Boks tentu bisa menambah bobot di bagian belakang motor. Kalau tidak sesuai ukurannya seperti terlalu besar, maka pasti bakal mengganggu ketika melakukan manuver.

Dimas Ngurah, Perwakilan Givi Indonesia mengatakan, ada panduan yang disarankan ketika memilih boks dan dipasang ke motor, tidak boleh terlalu besar.

"Simpelnya adalah 45 liter ke bawah ideal untuk motor 250cc ke bawah. Lebih spesifik, motor 110cc-150cc idealnya sampai di 35 literan, maksimal di 45 liter," kata Dimas di Tangerang, belum lama ini.

Sedangkan, untuk boks yang ukurannya lebih besar cocok dengan motor yang kapasitas mesinnya di atas 250cc. Alasannya, konstruksi boks di atas 45 liter biasanya berbeda dengan yang di bawahnya.

"Konstruksinya beda, yang monokey (45 liter ke atas) dua lapisan, lebih kuat. Jadi saat dipakai riding di atas 120 Kpj, dia tidak akan berubah konstruksi," kata Dimas.

Sedangkan yang kapasitas boks di bawah 45 liter, saat dibawa ngebut, khawatirnya bisa mengganggu manuver. Selain itu juga mengurangi vibrasi karena ukurannya pas, berkendara tetap nyaman.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Panduan Pilih Boks buat Bikers, Jangan Terlalu Besar", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/30/154100615/panduan-pilih-boks-buat-bikers-jangan-terlalu-besar.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm