Apple meluncurkan MacBook Pro dengan chip M3
Apple meluncurkan MacBook Pro dengan chip M3 ( Apple)

Apple Rilis MacBook Pro dengan Chip M3, Harga mulai Rp 25 Juta

1 November 2023 10:27 WIB

SonoraBangka.ID - Apple resmi mengumumkan jajaran laptop MacBook Pro baru dengan chip terbaru M3. Laptop andalan Apple ini diperkenalkan dalam Apple Event dengan tagline "Scary Fast" yang berlangsung Selasa (31/10/2023) pagi WIB.

Chip M3 yang rilis dalam acara yang sama, hadir dalam tiga model, meliputi M3 "reguler", M3 Pro dan M3 Max. Nah, sejumlah model MacBook Pro yang rilis kali ini ditenagai oleh ketiga chipset tersebut.

MacBook Pro yang ditenagai dengan chip M3, hadir dengan layar 14 inci. Kemudian MacBook Pro dengan chip M3 Pro, tersedia dalam ukuran layar 14 inci dan 16 inci.

Begitu pula dengan MacBook Pro yang ditenagai chip M3 Max, hadir dalam dua opsi layar, yakni 14 inci dan 16 inci.

Terlepas dari perbedaan ukuran layarnya, semua laptop MacBook Pro kali ini mengusung material yang sama, yaitu Liquid Retina XDR, yang menawarkan kecerahan sampai 1.600 nits.

Desain setiap modelnya juga dibuat sama, termasuk tata letak port-nya. Port yang tersedia pada laptop ini meliputi tiga Thunderbolt 4, HDMI, slot kartu SD, dan konektor MagSafe untuk mengisi daya perangkat.

Lini seri MacBook Pro dengan chip M3 juga dibekali kamera 1080p, serta sistem audio yang diakomodasi enam speaker.

Pada aspek baterai, Apple bilang bahwa MacBook Pro 2023 punya baterai dengan masa pakai hingga 22 jam, khususnya untuk varian MacBook Pro M3 Pro 16 inci. Adapun model MacBook Pro M3 Max mungkin lebih banyak mengonsumsi daya karena core GPU-nya lebih banyak.

MacBook Pro M3 Max

MacBook Pro dengan chip M3 Max diklaim menawarkan kinerja yang 80 persen lebih cepat dibanding chip M1 Max yang rilis 2021. Chip ini memiliki CPU 16-core dan GPU sampai 40-core.

Lini seri chip M3 memang didesain dengan peningkatan grafis berkat fitur yang disebut Apple Dynamic Caching. Fitur ini akan membuat GPU mengalokasikan penggunaan memori secara real-time, sehingga pemakaiannya sesuai jumlah memori yang dibutuhkan setiap aplikasi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm