Ilustrasi es kunyit asam minuman segar selepas makan
Ilustrasi es kunyit asam minuman segar selepas makan ( SHUTTERSTOCK/HARINNITA DETTA)

Kuatkan Imunitas Tubuh, Berikut Cara Membuat Jamu Kunyit Asam

1 November 2023 14:26 WIB

SonoraBangka.id - Sedang ingin menerapkan pola hidup sehat? Kamu bisa mulai dengan cara menjaga asupan makanan dan minuman. Tidak ada salahnya, untuk menuliskan beberapa menu minuman tradisional dengan bahan sederhana. 

Seperti menu minuman kunyit asam jawa. Ada pengguaan gula merah, kunyit, dan asam jawa yang dimasak menjadi satu hingga mendidih.

Kamu bisa hidangkan dalam keadaan panas atau dingin. Selengkapnya, ikuti takaran bahan yang tepat dari buku "Masakan SBS ala Dapur Ane: 100 Resep Kue kering, kue tradisional, cake, jajanan, roti, puding & minuman" (2019) oleh Novane Perdana terbitan Gramedia Pustaka Utama. 

Resep jamu kunyit asam 

Bahan

300 ml air

100 gram kunyit parut

25 gram asam jawa

100 gram gula merah

1/2 sdt garam

Jeruk nipis secukupnya

Cara membuat jamu kunyit asam

1. Campurkan air, kunyit, asam jawa, gula merah, dan garam. Masukkan ke dalam panci dan rebus hingga mendidih. Angkat dan saring.

2. Beri perasan jeruk nipis dan nikmati saat keadaan sudah dingin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Jamu Kunyit Asam, Kuatkan Imunitas Tubuh", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/01/090900775/resep-jamu-kunyit-asam-kuatkan-imunitas-tubuh.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm