Honda EM1 e: meluncur di GIIAS 2023(Dok. AHM)
Honda EM1 e: meluncur di GIIAS 2023(Dok. AHM) ( KOMPAS.COM)

Alasan Untuk Motor Listrik Honda EM1 e: Dijual Mahal, Rp 40 Jutaan

1 November 2023 20:51 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah PT Astra Honda Motor (AHM) telah meluncurkan sepeda motor listrik Honda EM1 e: untuk pasar Indonesia bertepatan dengan ajang GIIAS 2023, pada Agustus lalu.

Walau begitu, AHM ketika itu baru mengumumkan harga perkiraan yang berada di rentang Rp 40 juta sampai Rp 45 juta, khususnya untuk Honda EM1 e: yang dilengkapi baterai Mobile Power Pack (MPP) e:.

Secara lebih rinci, harga unit motor Honda EM1 e: dibanderol sekitar Rp 30 juta-Rp 33 juta. Adapun harga baterai MPP e: dijual Rp 10 juta-Rp 12 juta.

Ketika ditanya mengenai alasan penetapan harga EM1 e: yang dipatok di kisaran Rp 40 jutaan, Executive Vice President Director PT AHM Thomas Wijaya, mengatakan, motor listrik merupakan teknologi baru.

Menurut Thomas, perusahaan saat ini lebih fokus untuk bisa memberikan produk yang aman dan mempunyai daya tahan, sesuai dengan kebutuhan konsumen.

“Kami melihat bagaimana kita bisa memuaskan ataupun melihat kebutuhan konsumen. Jadi kita tidak melihat secara kompetisi, tetapi bagaimana konsumen itu bisa kita penuhi, bisa beradaptasi dengan teknologi listrik yang baru,” ujar Thomas di Malang (28/10/2023).

“Dalam arti apa, berarti kan juga teknologi baterainya, performa mesin, speknya, secara safety-nya, durability-nya. Itu yang menjadi concern kita,” kata dia.

Saat disinggung mengenai target penjualan motor listrik, dirinya mengaku tidak mematok angka tertentu.

Bahkan EM1 e: juga tidak diplot seperti model skutik Honda yang menjadi tulang punggung penjualan perusahaan.

“Kita tidak mengejar menjadi volume maker, tetapi bagaimana konsumen itu bisa memakai motor listrik dengan nyaman, aman, dan bisa cukup durable untuk konsumen,” ucap Thomas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Alasan Motor Listrik Honda EM1 e: Dijual Mahal, Rp 40 Jutaan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/01/074100715/alasan-motor-listrik-honda-em1-e--dijual-mahal-rp-40-jutaan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm