Ilustrasi semur daging sapi kecap dengan kuah nyemek.
Ilustrasi semur daging sapi kecap dengan kuah nyemek. ( DOK.SHUTTERSTOCK/Ika Rahma H)

Makanan Makin Lezat, Berikut 3 Cara Masak Pakai Kecap ala Pedagang

2 November 2023 07:01 WIB

SonoraBangka.id -  Kecap sering digunakan untuk memasak beragam makanan. Mulai dari sajian kering hingga berkuah. Olahan kacang kedelai ini tidak hanya bermanfaat memberi rasa manis, melainkan menambah warna hitam pekat pada makanan.

Sebelum menggunakan kecap untuk memasak, coba simak tiga tips memakai kecap dari Aris, pemilik Lontong Balap Asli Pak Gendut Surabaya saat ditemui Kompas.com di Festival Jajanan Bango (FJB) 2023, Jumat (27/10/2023) berikut ini.

1. Pakai kecap secukupnya

Menurut Aris, jumlah kecap bisa disesuaikan dengan banyaknya makanan atau masakan yang dibuat. Kecap dengan konsistensi dan manis yang pas biasanya tidak perlu digunakan dalam jumlah banyak. "Enggak perlu terlalu banyak memakai kecap, dia (kecap Bango), sedikit saja sudah terasa manisnya," ujar Aris.

2. Masukkan kecap di akhir 

Khusus masakan tertentu, sebaiknya tambahkan kecap belakangan, jangan di awal proses memasak. Misalnya saat membuat makanan berkuah, seperti lontong balap yang dibuat oleh Aris. Kecap akan membantu menyeimbangkan rasa dan warna makanan, sehingga paling tepat dicampur sebelum menikmatinya.

3. Aduk kecap merata

Terakhir, Aris menyarankan untuk mengaduk kecap ke dalam masakan atau makanan hingga merata. "Nanti kecapnya akan bercampur dengan rempah-rempah lain, menyantu dengan kecap manis," tutur Aris.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Masak Pakai Kecap ala Pedagang, Bikin Makanan Makin Lezat", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/31/170400075/3-cara-masak-pakai-kecap-ala-pedagang-bikin-makanan-makin-lezat.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm