Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam acara Kompas100 CEO Forum ke-14 di Novotel Balikpapan pada Rabu (1/11/2023).
Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam acara Kompas100 CEO Forum ke-14 di Novotel Balikpapan pada Rabu (1/11/2023). ( Tangkapan layar Kanal YouTube Harian Kompas)

Sri Mulyani: Hampir Semua Negara Alami Penurunan Industri Manufaktur

2 November 2023 17:27 WIB

SonoraBangka.ID - Indonesia dinilai sejumlah pihak telah mengalami fenomena deindustrialisasi dini. Hal ini ditunjukan dari kontribusi sektor manufaktur yang kian menyusut terhadap produk domestik bruto (PDB) dan pertumbuhannya yang lebih rendah dari pertumbuhan ekonomi.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, penurunan kinerja industri manufaktur sebenarnya bukan hanya dialami oleh Indonesia saja. Ia bilang, hampir semua negara mengalami hal serupa.

"Hampir semua negara itu mengalami penurunan industri manufaktur," kata dia, Rabu (1/11/2023).

Bendahara Negara menjelaskan, pelemahan kinerja manufaktur utamanya disebabkan sektor jasa yang tumbuh pesat.

Seiring dengan pesatnya perkembangan dan adopsi teknologi informasi, sektor jasa mengalami pertumbuhan signfikan, dan kontribusinya terhadap perekonomian negara mendekati sektor manufaktur.

"Sehingga ini menyebabkan seolah-olah pernaan sektor jasa mengambil alih manufaktur," ujarnya.

Selain itu, perkembangan teknologi informasi juga mempengaruhi industri manufaktur itu sendiri, khususnya terkait pembukaan lapangan kerja. Dengan adopsi teknologi informasi, sejumlah peran sumber daya manusia (SDM) di industri telah tergantikan.


Melihat fenomena tersebut, Sri Mulyani menekankan pentingnya pengembangan kualitas SDM. Pengembangan diperlukan untuk mendongkrak tingkat produktivitas tenaga kerja, sehingga pada akhirnya dapat kembali berkontribusi terhadap industri manufaktur.

"Kalau bicara industri manufaktur, tidak mungkin menjadi negara maju jika negara maju itu produktivitasnya rendah," ucap dia.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) disebut siap mendukung peningkatan produktivitas melalui berbagai instrumen fiskal yang dimiliki. Dengan demikian, visi Indonesia Emas 2045 dapat terealisasi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sri Mulyani: Hampir Semua Negara Alami Penurunan Industri Manufaktur", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/11/02/154700926/sri-mulyani--hampir-semua-negara-alami-penurunan-industri-manufaktur?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm