Stasiun penukaran baterai atau swap baterai untuk Honda PCX Electric(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA)
Stasiun penukaran baterai atau swap baterai untuk Honda PCX Electric(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA) ( KOMPAS.COM)

Honda Mau Mendirikan Titik Swap Baterai Motor Listrik di Jakarta

2 November 2023 21:57 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Ada beberapa jenis motor listrik di pasaran. Selain dibedakan oleh jenis penggeraknya, hub-drive dan mid-drive, motor listrik juga dibedakan dengan model baterainya.

Dalam hal ini, ada baterai model tanam yang menggunakan metode direct charging, ada juga model baterai swap yang biasanya dapat ditukar di stasiun penukaran.

Octavianus Dwi Putro, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, motor listrik Honda dapat menggunakan dua metode pengecasan.

“Kemarin dijelaskan bahwa kita memberikan opsi ke konsumen nanti ada dua pilihan, jadi tidak semata-mata harus swap station. Tapi konsumen itu dia bisa melakukan pengisian daya itu bahkan di rumah bisa. Jadi kita berikan opsi ke konsumen,” ujar Octa di Jakarta, Rabu (1/11/2023).

Walau begitu, untuk meningkatkan daya jangkaunya, Honda juga akan menyiapkan titik swap baterai motor listrik.

“Swap station akan berada di beberapa titik, tahap awal akan berada di Jakarta dulu. Campur, ada yang di diler dan lainnya,” ucap Octa.

“Karena bagi kami harus dipikirkan ketersediaan yang terjangkau bagi konsumen. Jadi titik menjadi lebih penting, dibandingkan hanya sekadar memberikan di diler kita,” kata dia.

Seperti diketahui, Honda telah mengungkap teknologi swap baterai lewat lemari kabinet baterai yang muncul di IIMS 2023 bertuliskan Honda e: Technology.

Selain itu ada juga perangkat Honda Mobile Power Pack, yaitu teknologi baterai terbaru yang dapat ditukar dengan mudah, dan bisa melakukan pengisian daya di rumah dengan nyaman.

Lewat Mobile Power Pack (MPP) yang telah diperkenalkan di Eropa, pengguna bisa memilih mau mengecas di rumah atau swap baterai.

Pada sekali pengisian daya, baterai ini menawarkan klaim jarak berkendara lebih dari 40 Km. Sementara itu, MPP juga dirancang untuk tahan terhadap suhu, tingkat kelembapan, benturan, dan getaran.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Honda Mau Dirikan Titik Swap Baterai Motor Listrik di Jakarta", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/02/191100815/honda-mau-dirikan-titik-swap-baterai-motor-listrik-di-jakarta.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm