Ilustrasi mobil listrik. (Dok. Kompas.com)
Ilustrasi mobil listrik. (Dok. Kompas.com) ( KOMPAS.COM)

Kolaborasi NTT Data Untuk Bangun Ekosistem Kendaraan Listrik

4 November 2023 17:55 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Menggandeng EV-Electric Charging Pte Ltd, (EVe), NTT Data Singapore yang bergerak di bidang layanan IT dan bisnis, mengumumkan kemitraan strategis dalam penyediaan ekosistem kendaraan listrik.

Bentuk kerja samanya, NTT Data akan menyediakan platform yang memperkuat misi EVe mendirikan jaringan nasional titik pengisian kendaraan listrik atau Electric Vehicle Charging Points (EVCP) di Singapura, dan meningkatkan infrastruktur listrik pendukungnya.

Noriyuki Kaya, Chief Digital Assets Officer NTT Data, Inc mengatakan, pihaknya hadir sebagai mitra yang ideal, dalam rangka menyediakan jaringan pengisian kendaraan listrik skala nasional didukung E-Mobility Data Platform yang terdepan di industri ini.

"Next Mobility Business Suite dari NTT Data Group menyediakan kemampuan penggabungan data dan analitik tingkat lanjut untuk mengurangi ketidakefisienan operasional, meningkatkan pengalaman pengguna dengan wawasan yang berfokus pada pendapatan, dan pada akhirnya berkontribusi pada Misi Keberlanjutan Terpadu kami," kata Noriyuki Kaya dalam keterangan resminya, Jumat (3/11/2023).

Pada 2025, EVe akan menempatkan pengisian daya kendaraan listrik di hampir 2.000 tempat parkir Housing and Development Board (HDB) yang ada di Singapura.

EVe memilih E-Mobility Data Platform yang dapat mengumpulkan informasi dari EV Charging Operator (EVCO), menganalisis data, dan menghasilkan wawasan yang berfokus pada pendapatan.

Menurut Sai Sekar, Head of Global Industry NTT Data Corporation, keterlibatan pihaknya cukup penting karena menjadi contoh nyata dalam menggabungkan kemampuan masing-masing pihak terkait.

Adanya kemitraan ini juga memungkinkan EVe memanfaatkan solusi inovatif tersebut guna meningkatkan efisiensi operasional, penggalaman pengguna, serta berkontribusi pada upaya berkelanjutan.

"Dengan proyek ini, EVe dapat memanfaatkan wawasan data real-time di 2.000 tempat parkir HDB, memudahkan kami meningkatkan pengalaman pengguna, dan membuat pengisian daya listrik yang dapat diakses di mana saja, serta tersedia setiap hari, setiap saat," kata Derek Tan, CEO EVe.

Total ada empat tujuan utama E-Mobility Data Platform. Pertama agregasi data untuk mengumpulkan data pemanfaatan pengisian daya secara real-time, termasuk pola penggunaan, ketersedian tempat pengisian daya, serta konsumsi daya.

Kedua peningkatan pengalaman pengguna melalui UX/UI yang intuitif dan mulus guna navigasi yang lebih gampang. Ketika untuk wawasan keberlanjutan dengan penyediaan data tentang konsums energi dan pengurangan emisi.

Terakhir adalah skalabilitas. Dirancang untuk mengakomodasi jaringan EVe yang terus berkembang dengan mulus, platform ini tetap efektif saat perusahaan terus menambah infrastruktur pengisian daya.

"Keahlian kami dalam analisis data memungkinkan kami untuk merancang solusi khusus yang tidak hanya memberikan nilai langsung, tetapi juga menawarkan skalabilitas dan kemampuan yang teruji," kata Krishnappan Ramanathan, Managing Director, NTT Data Singapore.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kolaborasi NTT Data Bangun Ekosistem Kendaraan Listrik", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/04/112200115/kolaborasi-ntt-data-bangun-ekosistem-kendaraan-listrik.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm