Ilustrasi loyang kaca dengan noda berkerak dari sisa makanan.
Ilustrasi loyang kaca dengan noda berkerak dari sisa makanan. ( DOK.SHUTTERSTOCK/abimages)

Berikut Ini 4 Cara Bersihkan Loyang Kaca yang Bernoda Kerak

5 November 2023 07:08 WIB

SonoraBangka.id - Habis baking atau memanggang adonan di loyang kaca? Biasanya, ada noda sisa makanan yang masih menempel dan mengerak setelah menggunakannya.

Penting untuk mengetahui cara membersihkan loyang kaca yang memiliki noda berkerak diujung atau sudutnya. Cara ini bisa mengembalikan kilau loyang kaca tanpa mengganggu rasa dan tampilan hidangan.

1. Sabun cuci dan soda kue

Dilansir dari laman All Recipes, kamu bisa menggunakan campuran sabun cuci piring dan soda kue untuk menghilangkan minyak sekaligus noda berkerak pada loyang kaca. Isi loyang dengan air panas, kemudian taburkan dengan sabun cuci piring dan soda kue secukupnya. Rendam selama 10 menit.

2. Tepung maizena dan cuka

Kamu juga bisa mencampurkan tepung maizena dan cuka untuk menghilangkan noda di loyang kaca. Namun, kamu perlu menggosoknya dengan kain agar noda hilang secara maksimal.

3. Gunakan oven

Kamu juga bisa menggunakan oven untuk membersihkan loyang kaca bernoda. Tuang air secukupnya pada loyang kaca kemudian masukkan ke dalam oven. Atur dengan suhu tinggi. Jangan langsung membuka oven terlalu cepat agar loyang tidak pecah. Biarkan hingga loyang agak dingin kemudian noda minyak akan terkelupas dengan mudah.

4. Gunakan dry sheet

Kamu bisa menggunakan dry sheet untuk membersihkan penumpukkan noda di loyang kaca, seperti yang dikuti dari laman Taste of Home. Rendam dengan air selama 15 menit pada loyang kaca. Bersihkan dan gosok dengan spons secara perlahan. Tuang dan buang airnya. Lakukan proses cuci yang selanjutnya yaitu tuang sabun cuci piring dan air secukupnya. Gosok pada noda yang masih menempel dan buang airnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Bersihkan Loyang Kaca yang Bernoda Kerak, Pakai Tepung Maizena", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/03/111300375/4-cara-bersihkan-loyang-kaca-yang-bernoda-kerak-pakai-tepung-maizena.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm