Ilustrasi kue lapis cokelat.
Ilustrasi kue lapis cokelat. ( DOK.SHUTTERSTOCK/WS-Studio)

Panggang Kembali, Berikut 5 Cara Perbaiki Kue yang Kurang Matang

5 November 2023 07:36 WIB

SonoraBangka.id - Bagi pemula, kamu pasti pernah mengalami kue yang underbaked atau belum matang sempurna tetapi sudah dikeluarkan dari oven.  Dilansir dari laman Yummy dan The Daily Meal, ada beberapa tips mengatasi kue kurang matang agar tetap bisa dinikmati. Salah satunya, jangan ragu untuk memanggangnya kembali. Namun pastikan durasi panggang harus tepat. 

 1. Cara perbaiki kue kurang matang saat masih panas

Jika kamu baru saja mengeluarkan kue dari oven dan keadaannya masih panas. Masukkan kembali dan panggang dengan durasi masak selama 10 sampai 15 menit. Pastikan kamu menggunakan tusuk gigi untuk mengecek apakah kue sudah matang atau tidak.

2. Gunakan aluminium foil

Lapisi bagian atasnya dengan aluminium foil agar tidak menjadi gosong atau permukaannya terlalu kering.

3. Cara perbaiki kue kurang matang saat sudah dingin

Namun, apa jadinya kalau kue yang kurang matang itu sudah dalam keadaan dingin? Tenang saja. Kamu masih bisa memotongnya dibagian yang mana tengahnya masih cair atau masih memiliki gumpalan tepung. Tutupi dengan aluminium foil kemudian masukkan ke dalam oven dengan api kecil hingga matang.

4. Gunakan panas oven yang rendah

Selalu gunakan panas oven yang rendah untuk mematangkan kue underbaked agar rasanya tetap lembut dan tidak kering.

5. Gunakan api bawah untuk memanggangnya kembali

Kue yang underbaked bisa matangkan kembali tetapi dengan penggunaan api bawah untuk mencegah bagian atasnya terlalu matang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Perbaiki Kue yang Kurang Matang, Panggang Kembali", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/28/111300275/5-cara-perbaiki-kue-yang-kurang-matang-panggang-kembali.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm