Prakiraan cuaca musim Hujan di Indonesia
Prakiraan cuaca musim Hujan di Indonesia ( BMKG)

Prakiraan Musim Hujan di Indonesia, Awal, Durasi, dan Puncak Musim Simak Prediksi BMKG

5 November 2023 16:47 WIB

SonoraBangka.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis prakiraan musim hujan untuk tahun 2023/2024 di Indonesia.

Hasil prakiraan menunjukkan berbagai aspek yang perlu diperhatikan, termasuk awal, durasi, dan puncak musim hujan di berbagai wilayah di Indonesia.

Awal Musim Hujan

Prakiraan awal musim hujan menunjukkan bahwa sebagian besar wilayah Indonesia diprakirakan akan mengalami awal musim hujan antara bulan Oktober hingga Desember 2023.

Jumlah zona yang memperkirakan awal musim hujan ini adalah sebanyak 477 zona (68,24 persen dari total zona musim hujan).

Namun, jika dibandingkan dengan awal musim hujan yang normal, sebagian besar wilayah Indonesia diprakirakan akan mengalami penundaan awal musim hujan sebanyak 446 zona (63,81 persen ).

Wilayah lainnya diperkirakan akan memiliki awal musim hujan yang sama dengan normal sebanyak 56 zona (8,01 persen ) dan maju terhadap normal sebanyak 22 zona (3,15 % ).

Durasi Musim Hujan 

Durasi musim hujan diperkirakan akan berlangsung selama 10 hingga 24 dasarian di sebagian besar wilayah Indonesia, dengan sebanyak 430 zona (61,52 % ) yang terpengaruh. 

Namun, jika dibandingkan dengan durasi musim hujan yang normal, sebagian besar wilayah Indonesia diprakirakan akan mengalami musim hujan yang lebih singkat, yaitu sebanyak 439 zona (62,80 % ).

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm