Ilustrasi alat bengkel ban mobil(KOMPAS.com/Gilang)
Ilustrasi alat bengkel ban mobil(KOMPAS.com/Gilang) ( KOMPAS.COM)

Tanda Untuk Ban Baru Sudah Mengalami Penuaan

5 November 2023 19:54 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Ban pada dasarnya tidak punya masa kedaluwarsa. Tapi bukan berarti konsumen bisa asal saat memilih ban, konsumen harus tetap perhatikan kondisi ban yang akan dibeli.

Billy Cahyadi, Manager Produk dan Pelatihan PT Hankook Tire Sales Indonesia, mengatakan, cara paling mudah saat akan membeli ban periksa apakah ban punya retak-retak halus di bagian dinding ban.

"Tanda penuaan itu ada namanya ozone crack, itu biasanya seperti retak rambut yang terjadi di ban. Itu adalah tanda aging (penuaan)," ujar Billy kepada Kompas.com, di Jakarta, Jumat (3/11/2023).

Billy menjelaskan ozone crack terjadi karena karena karet ban mengalami penuaan sehingga retak. Kemudian ozone crack terjadi bukan cuma karena umur produksi tapi karena penyimpanan buruk.

Ban baru dapat cepat rusak jika ban disimpan dengan cara ditumpuk terlalu banyak, terkena sinar matahari langsung, atau suhu tempat penyimpanan ekstrem di mana siang terlalu panas dan malam terlalu dingin.

Kemudian dalam penyimpanan misalkan ban sering terkena air, oli atau bahkan dalam kasus yang jarang panas dari api.

"Ban lama disimpan dengan baik dan benar, sedangkan ban produksi baru disimpang sembarangan. Dalam satu bulan kalau dibandingkan yang lebih aging yang mana? pasti yang baru," ujar Billy.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tanda Ban Baru Sudah Mengalami Penuaan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/05/122100615/tanda-ban-baru-sudah-mengalami-penuaan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm