Kendaraan legendaris Daihatsu di Japan Mobility Show 2023(Kompas.com/Nanda)
Kendaraan legendaris Daihatsu di Japan Mobility Show 2023(Kompas.com/Nanda) ( KOMPAS.COM)

Gaikindo Mau Menyelenggarakan Pameran Otomotif di Indonesia Seperti JMS 2023

5 November 2023 20:33 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi menyatakan, pameran otomotif Japan Mobility Show (JMS) 2023 yang digelar di Tokyo, Jepang pada pekan lalu merupakan terobosan menarik.

Pasalnya dalam pameran tersebut, para pengunjung bisa melihat langsung teknologi mobilitas masa depan. Bukan lagi terbatas cuma mobil dan sepeda motor baru saja seperti di pameran otomotif sebelumnya.

Oleh karena itu, ia ingin mengadaptasi pameran JMS ke pameran otomotif di Tanah Air khususnya pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

"Saya datang ke sini untuk melihat JMS yang pertama kali diadakan. Saya terkesan, karena konsepnya bukan auto show lagi. Kalau auto show itu betul-betul hanya ada mobil," kata dia dalam keterangannya dikutip Minggu (5/11/2023).

"Jadi kalau kita lihat di Japan Mobility Show ini, di Honda ada pesawat terbang, dan segala macam. Memang dia mobility show atau menekankan kepada mobility, yakni pergerakan dari satu titik ke titik lain bisa pakai mobil bisa pakai segala macam. Jadi konsepnya benar-benar berbeda,” lanjut Nangoi.

Contoh lain, pada booth Mitsubishi, tidak cuma kendaraan masa depan saja yang dihadirkan tetapi juga bagaimana mereka berkerja sama dengan Yamaha dalam hal mengoptimalkan sound system di produk mobilnya.

“Jadi kita mengadaptasi (keinginan) mereka. Namun saya rasa untuk konsep pamerannya (Japan Mobility Show) bisa kita adaptasi. Jadi nanti kita bisa fokus ke mobility-nya. Kita tak hanya konsentrasi ke mobilnya saja," kata dia lagi.

"Kita juga bisa ajak asosiasi lain untuk bergabung untuk bekerja sama. Harusnya (konsep seperti ini) tidak susah untuk diadaptasi, karena kami sudah punya basis yang cukup kuat, GIIAS juga hidup, jadi mungkin ya kita akan sedikit berubah,” ujar Nangoi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gaikindo Mau Pameran Otomotif di Indonesia Seperti JMS 2023", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/05/160100815/gaikindo-mau-pameran-otomotif-di-indonesia-seperti-jms-2023.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm