Ilustrasi saus bechamel dengan campuran biji pala.
Ilustrasi saus bechamel dengan campuran biji pala. ( SHUTTERSTOCK/MARIAKOVALEVA)

Pakai 3 Bahan, Berikut Ini Cara Membuat Saus Bechamel Khas Perancis

6 November 2023 14:44 WIB

SonoraBangka.id - Bechamel disebut mother sauce alias saus dasar pada masakan Perancis. Dari bechamel, bisa menghasilkan saus lain dengan menambahkan bahan lain.

Bahan utama saus bechamel itu mentega, tepung terigu, dan susu. Bisa ditambahkan bumbu untuk perasa misalnya garam, lada, dan pala. Ada pula resep bechamel yang menggunakan telur yang biasa disebut saus bechamel yunani.

Penggunaan telur membuat tekstur saus lebih kental dan rasanya makin kaya. Saus bechamel umumnya digunakan untuk pasta, mac and cheese, atau cocolan. Mau coba bikin bechamel? Yuk, ikuti resep dari Taste.com.au yang menghasilkan sekitar 700 mililiter saus bechamel berikut.

Resep saus bechamel

Bahan saus bechamel

50 gram mentega

30 gram tepung terigu serbaguan

590 mililiter susu cair

Cara membuat saus bechamel

1. Lelehkan mentega di dalam wajan kecil dengan api sedang. Masukkan tepung, aduk menggunakan spatula kayu selama satu hingga dua menit atau sampai bergelembung. 

2. Tuang susu secara perlahan. Masak sampai mendidih. Kecilkan api. Aduk selama empat hingga lima menit agar saus mengental. Bumbui dengan garam dan lada. Aduk rata. 

3. Diamkan sampai dingin. Simpan di wadah bertutup rapat dan taruh di kulkas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Saus Bechamel Khas Perancis dari 3 Bahan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/06/080300275/resep-saus-bechamel-khas-perancis-dari-3-bahan.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm