Battery pack yang dipakai Suzuki e-Burgman sama dengan yang dipakai motor listrik Honda.(KOMPAS.com/Agung Kurniawan)
Battery pack yang dipakai Suzuki e-Burgman sama dengan yang dipakai motor listrik Honda.(KOMPAS.com/Agung Kurniawan) ( KOMPAS.COM)

Anggota Untuk Konsorsium Baterai Motor Listrik Kini Menjadi 32 Merek

6 November 2023 15:09 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Menjelang akhir 2023, anggota konsorsium baterai motor listrik atau Swappable Batteries Motorcycle Consortium (SBMC) semakin ramai dengan puluhan merek yang telah bergabung.

Dilansir dari Ride Apart (5/11/2023), aktivitas SBMC yang sepi bukan berarti tanpa pergerakan. Tahun ini konsorsium melakukan penambahan anggota baru dan membuat perincian spesifikasi teknis.

Selain itu, SBMC mengembangkan prototipe baterai pertama yang dapat ditukar, yang dibuat oleh dua pemasok pilihan. Prototipe dikembangkan sebagai bagian dari proses validasi dan penyempurnaan spesifikasi.

Untuk diketahui, prototipe putaran pertama bermanfaat untuk tahap awal pengujian spesifikasi. Kemudian, pembuatan prototipe tahap kedua direncanakan oleh SBMC pada tahun 2024.

Saat itulah prototipe baru untuk uji coba lapangan akan dibuat. Uji coba sebenarnya kemudian akan dilakukan oleh SBMC bekerja sama dengan produsen baterai, penyedia stasiun pertukaran, dan OEM.

Selain kegiatan tersebut, SBMC juga bekerja di belakang layar. Seperti berpartisipasi dalam diskusi dengan badan standardisasi Eropa dan internasional mengenai hal-hal terkait pengembangan baterai swappable untuk sepeda motor.

Tercatat sampai dengan 3 November 2023, SBMC memiliki 32 perusahaan anggota di antara jajarannya. Ini mencakup empat anggota inti: Honda, Piaggio Group, Yamaha, dan Forsee Power.

Lalu, termasuk anggota tetap berikut: Ampace, CFMoto, Dell'Orto, Greenway, Hyba, Infineon, ITRI, Kawasaki, Keeway, KTM, dan Kymco.

Termasuk juga LG Energy Solution, Mitsuba, NIU, Polaris, Quantum Volts, Samsung SDI, Segway- Ninebot, Sinbon, Smobery, Sumitomo Electric, Suzuki, Swobbee, Triumph, VeNetWork SpA, Vitesco Technologies, Voltaira, dan Yamaichi Electronics.

Rencananya pada ajang EICMA 2023 yang berlangsung 7-13 November mendatang, SBMC berencana melakukan pertemuan untuk mempelajari lebih lanjut tentang organisasi tersebut, kemajuannya sejauh ini, dan tujuan masa depannya.

SBMC berencana menghadiri EICMA 2023, di mana mereka berencana untuk bertemu dengan mereka yang tertarik mempelajari lebih lanjut tentang organisasi tersebut, kemajuannya sejauh ini, dan tujuan masa depannya.

Delegasi SBMC mengikuti diskusi spesifikasi teknis di Tokyo, Jepang pada awal Oktober 2023, dan akan mengadakan pertemuan selanjutnya pada April 2024 di Turin, Italia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anggota Konsorsium Baterai Motor Listrik Kini Menjadi 32 Merek", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/06/074200515/anggota-konsorsium-baterai-motor-listrik-kini-menjadi-32-merek.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm