Iris kecil-kecil mentega beku agar bisa lebih cepat meleleh.
Iris kecil-kecil mentega beku agar bisa lebih cepat meleleh. ( Unsplash/Simon Sapper)

Simak Sebelum Beli, Berikut Ini 2 Cara Pilih Mentega untuk Baking

6 November 2023 15:18 WIB

SonoraBangka.id - Cari tahu cara memilih mentega sebelum membuat aneka kue dan roti di rumah. Mentega berperan sebagai lemak. Biasa ditambahkan ke dalam adonan kue atau roti yang sudah tercampur rata.

Lemak dari susu ini berfungsi melunakkan tekstur makanan, menambah aroma, hingga membuat bentuk kue dan roti semakin lunak. Kevin Zwygart, Pastry Chef La Maison de I'Excellence Savencia, membagikan dua cara memilih mentega di pasaran berikut ini.

1. Lihat titik leleh mentega

Titik leleh mentega berbeda-beda, tergantung kadar lemaknya. Satu merek mentega juga umum menyediakan beragam jenisnya. Semakin tinggi titik leleh mentega, semakin tahan lama mentega disimpan di suhu ruang, tidak perlu ribet menyimpannya di kulkas. Namun, titik leleh ini berbeda dengan saran temperatur saat menggunakan mentega untuk baking.

Meskipun bisa disimpan dalam suhu tinggi, penggunaan mentega bisa jadi disarankan dengan suhu rendah. Misalnya, mentega lembaran dari Elle & Vire yang disarankan Kevin. Butter sheet ini bisa disimpan hingga suhu 32 derajat celsius, tetapi paling baik digunakan dalam suhu 10-15 derajat celsius.

2. Sesuaikan dengan resep 

Kevin menyarankan, tentukan jenis makanan yang ingin dibuat. Bisa berupa kue, kue kering, roti, atau pastry. Sebab, jenis mentega yang dibeli belum tentu cocok dengan makanan yang akan dibuat. "Pastikan dulu resepnya, membuat kue atau roti jenis apa.

Kalau ingin membuat pastry, lebih mudah menggunakan mentega lembaran," saran Kevin usai acara peluncuran Elle & Vire Professionnel Select Butter Sheet, Rabu (1/11/2023). Sementara makanan lain, seperti kue dan roti, sebaiknya dibuat menggunakan mentega biasa.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2 Cara Pilih Mentega untuk Baking, Simak Sebelum Beli", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/05/170500575/2-cara-pilih-mentega-untuk-baking-simak-sebelum-beli.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm