Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi dalam suatu kesempata
Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi dalam suatu kesempata ( Bapanas)

Badan Pangan Nasional: Harga Beras, Jagung, dan Gula Masih Akan Tinggi

6 November 2023 17:50 WIB

SonoraBangka.ID - Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) memperkirakan harga berasjagung, dan gula masih akan terus tinggi.

"Di tingkat konsumen kalau kita lihat ada tiga produk akan naik, pertama masih beras, jagung, gula. Apabila jagung tidak diintervensi maka harga telur dan ayam akan naik, karena jagung ini kompenen utama pakan terak," ujar Arief dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (6/11/2023).

Untuk itu, lanjut Arief, pemerintah telah memiliki upaya untuk mengendalikan harga-harga tersebut.

Untuk beras, pengendalian harganya dilakukan dengan pengadaan importasi. Pihaknya menugaskan Perum Bulog melakukan impor 3,5 juta ton untuk pemenuhan Cadangan Beras Pemerintah (CBP).

"Ada 8 port kami pakai sehingga bongkarnya bisa cepat sehingga bisa didistribusikan," katanya.

Selain itu, pemerintah juga mendorong produksi beras dengan percepatan tanam padi di sejumlah daerah. Seiring dengan percepatan itu, produk penunjang seperti pupuk juga harus dipenuhi.

"Pupuk itu jadi satu keharusan. Kita siapkan di 26.000 kios seluruh Indonesia bekerja sama dengan Pupuk Indonesia Holding, kita harus pastikan pupuk tersedia dan tepat waktu," kata Arief.

Kemudian untuk upaya stabilitas harga jagung, pemerintah juga melakukan pengadaan impor sebanyak 500.000 ton dan akan dilakukan dua tahap yakni 250.000 ton untuk tahap pertama di tahun ini dan sisanya tahun depan.

Menurut Arief, mahalnya harga jagung lantaran produksi jagung di dalam negeri menurun sedangkan permintaanya untuk pakan ternak meningkat.

Adapun berdasarkan data BPS melalui data Kerangka Sampel Area (KSA), data produksi jagung menurun.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm