Ban mobil listrik Hankook iON(Dok. Hankook)
Ban mobil listrik Hankook iON(Dok. Hankook) ( KOMPAS.COM)

Hankook Tak Tertarik Untuk Jual Ban Mobil Listrik Wuling Air EV

6 November 2023 18:06 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Hankook resmi melansir ban khusus buat mobil listrik Hankook iON. Ban ini punya ukuran 19 inci-22 inci yang artinya cuma tersedia untuk Hyundai Ioniq 5 dan Ioniq 6 yang saat ini eksis di Indonesia.

Yoonsoo Shin, Presiden Direktur PT Hankook Tire Sales Indonesia, mengatakan, saat ini mobil listrik yang paling banyak beredar di Indonesia hanya dua yaitu Ioniq 5 dan Wuling Air EV, namun belum tertarik bawa ban buat Air EV.

"Penjualan terbanyak saat ini ialah Hyundai Ioniq 5 dan Wuling Air EV. Wuling Air EV pakai ban 12 inci yang mana kami tidak punya ban sekecil itu dan Ioniq 5 20 inci," kata Shin pekan lali di Jakarta.

Shin mengatakan, sejauh ini pihaknya belum memikirkan membuat ban mobil listrik ukuran kecil untuk mengakomodir pengguna AIr EV.

"Mobil listrik ban kecil penjualannya masih kecil di Indonesia hanya Air EV model lain penjualannya juga sedikit. Hankook yang ingin jadi penyedia ban mobil listrik terbaik," katanya.

"Kami tidak yakin kalau membawa ban sekecil itu di Indonesia, mungkin 15 inci," ujar Shin.

Apriyanto Yuwono, Manager Penjualan Nasional Hankook, mengatakan, Hankook baru menyediakan ban mobil listrik ukuran besar sebab saat ini pengembangan ban Hankook iON berada di Hongaria.

Di Eropa pemakaian mobil listrik cukup banyak dan mayoritas ialah sedan dan SUV listrik. Sehingga belum memiliki ban khusus mobil listrik dengan ukuran kecil.

"Kenapa kami hanya meyediakn ring besar karena pengembangan saat ini ada di Hongaria dan di sana untuk kendaraan sendiri mayoritas SUV dan sedang dengan ukuran besar," katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hankook Tak Tertarik Jual Ban Mobil Listrik Wuling Air EV", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/06/130100615/hankook-tak-tertarik-jual-ban-mobil-listrik-wuling-air-ev.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm