Rem mobil(Dicky Aditya Wijaya)
Rem mobil(Dicky Aditya Wijaya) ( KOMPAS.COM)

Begini Cara Untuk Merawat Sistem Pengereman Mobil Transmisi Manual

6 November 2023 18:31 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sistem pengereman merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan, yang berfungsi mengurangi atau menghentikan laju mobil.

Digunakan secara terus-menerus, akan membuat kinerja rem menurun dan daya cengkram untuk menghentikan juga juga berkurang. Sehingga bagi pemilik mobil manual sebaiknya melakukan perawatan atau perbaikan agar kondisi komponen tersebut tetap bekerja optimal.

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, perawatan komponen rem perlu dilakukan secara rutin.

“Kalau perawatan antara rem cakram dan tromol itu sama saja. Biasanya perawatan rem disarankan setiap 10.000 kilometer sekali atau enam bulan,” ungkap Didi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Didi mengatakan, pada sistem pengereman yang menggunakan cakram, pembersihan dilakukan dengan cara mengamplas disc brake dengan menggunakan ampelas kasar.

“Kemudian pada bagian yang membutuhkan mekanisme geser, dilakukan pelumas dengan menggunakan pelumas atau Brisk,” ungkal Didi.

Selain itu perawatan pada kaliper, penggantian minyak rem juga perlu diperhatikan. Minyak rem mempunyai peran penting dalam sistem pengereman. Sebab rem bekerja dengan sistem fluida dan minyak rem berperan sebagai media menekan piston rem, sehingga terjadi pengereman.

“Penggantian minyak rem perlu dilakukan setiap 40.000 kilometer atau tiga tahun. Jika dalam waktu tiga tahun belum mencapai 40.000 kilometer, sebaiknya tetap diganti dengan yang baru,” jelas Didi.

Apabila minyak rem tidak diganti, dikhawatirkan ada udara di dalam sistem pengereman. Sebab minyak rem bisa mendidih dan menghasilkan uap air. Lebih parahnya bisa terjadinya vapor lock atau kejadian seperti rem blong.

Segera ganti kampas ketika sudah tipis atau mau habis, sesuai dengan anjuran pabrik rata-rata kampas rem cuma bisa menempuh jarak hingga 35.000 kilometer sampai 40.000 kilometer. Untuk mobil manual, usia pemakaiannya bisa lebih dari 70.000 kilometer.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Begini Cara Merawat Sistem Pengereman Mobil Transmisi Manual", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/06/141200215/begini-cara-merawat-sistem-pengereman-mobil-transmisi-manual.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm