Mobil konsep Toyota bZ Large SUV yang diprediksi menjadi basis SUV listrik bZ5X(Dok. Carscoops.com)
Mobil konsep Toyota bZ Large SUV yang diprediksi menjadi basis SUV listrik bZ5X(Dok. Carscoops.com) ( KOMPAS.COM)

Bocoran Untuk Spesifikasi bZ5X, Mobil Listrik Terbaru Toyota

6 November 2023 19:30 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Setelah memasarkan bZ4X, Toyota dikabarkan siap untuk meluncurkan mobil listrik keduanya. Mobil ini disebut-sebut sebagai bZ5X.

Dikutip dari Carscoops.com, Senin (6/11/2023), Toyota sudah mengumumkan akan meluncurkan sepuluh mobil listrik di masa depan. Termasuk dengan bZ5X yang digadang-gadang sebagai SUV listrik dengan kapasitas penumpang lebih banyak dari bZ4X.

SUV listrik ini memiliki konfigurasi tiga baris dengan kapasitas tujuh penumpang. Prediksi ini didasarkan pada mobil konsep bZ Large SUV yang sempat dipamerkan pada Desember 2021 oleh Toyota.

Melihat kebiasaan Toyota, kemungkinan besar desain eksteriornya tidak akan jauh berbeda dengan versi konsepnya. Tampilannya akan seagresif seperti bZ4X.

Terkait dimensinya, bZ5X diprediksi memiliki panjang hingga 5.000 mm. Kabinnya juga diyakini cukup lapang, sehingga cukup bersahabat dengan konsumen yang sudah berkeluarga.

Dengan dimensinya yang besar, maka kapasitas baterainya juga diyakini akan besar pula. Bahkan, mungkin lebih besar dari bZ4X yang memiliki baterai 71,4 kWh. Sehingga, jarak tempuhnya juga pasti lebih jauh.

Toyota juga diyakini akan menyematkan dual motor, serta sistem penggerak semua roda atau All-Wheel-Drive (AWD). Soal performa dan akselerasi, belum diketahui seberapa besar, namun yang pasti bisa menandingi Kia EV9.

Untuk teknologi, bZ5X juga kabarnya akan mengadopsi teknologi Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) yang lebih canggih dengan Toyota Safety Sense (TSS).

Untuk bZ5X, kabarnya untuk pertama kalinya akan diproduksi di Amerika. Tepatnya di pabrik Toyota di Kentucky yang dimulai pada 2025. Sementara baterai, akan diambil dari pabrik baterai Toyota yang baru di Carolina Utara.

Mengingat Toyota dan Subaru memiliki mobil listrik yang kembar dengan bZ4X dan Solterra, maka tidak menutup kemungkinan nantinya akan ada kembaran bZ5X dari Subaru.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bocoran Spesifikasi bZ5X, Mobil Listrik Terbaru Toyota", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/06/150100715/bocoran-spesifikasi-bz5x-mobil-listrik-terbaru-toyota.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm