Ban mobil habis sebelah karena rotasi ban yang keliru(Dicky Aditya Wijaya)
Ban mobil habis sebelah karena rotasi ban yang keliru(Dicky Aditya Wijaya) ( KOMPAS.COM)

Jangan Pakai Ban Botak, Cek Untuk Daftar Harga Ban Mobil per November 2023

7 November 2023 16:52 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Saat musim hujan, permukaan jalan akan menjadi lebih licin ketika basah. Untuk itu, diperlukan ban dengan kemampuan cengkeraman yang baik.

Perlu diketahui, setiap ban yang dipasarkan sudah memiliki alur yang berfungsi sebagai jalur air. Dengan demikian, ban akan tetap mendapatkan traksi yang optimal ketika melewati permukaan jalan yang basah.

Kalau ban sudah botak atau alurnya menipis maka besar potensi ban akan kehilangan cengkeraman saat melewati jalan yang basah. Kondisi tersebut bisa meningkatkan risiko kecelakaan.

Dealer Skill Development Manager PT Honda Prospect Motor (HPM) Onsert Ophirio mengatakan, tingkat keausan ban mobil bisa diukur dengan mengecek tapak ban.

"Jadi agar ketika hujan mobil kita tidak berjalan di atas air, airnya perlu dialirkan ke luar melalui tapak ban. Hal ini agar ban tetap bisa mencengkeram dengan baik," kata Onsert kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Menurut dia, jika tapaknya sudah menyentuh indikator, ban sudah harus diganti. Untuk itu, jangan tunggu sampai alur ban benar-benar habis.

Berikut ini kisaran daftar harga ban mobil pada November 2023, dirangkum dari berbagai sumber:

165 R13

Dunlop Van Radial Steel- Lt5 - Rp 639.000/Pcs

165/65 R13

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm