( )

Ganti Ban Mobil Bukan Sekadar Pillih Ukuran, Perhatikan Untuk Indeks Beban

7 November 2023 17:17 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Selama ini tak sedikit pemilik mobil hanya memikirkan ukuran dan indeks kecepatan ban. Tapi tak banyak yang memperdulikan indeks beban dari ban tersebut.

Billy Cahyadi, Manager Produk dan Pelatihan PT Hankook Tire Sales Indonesia, mengatakan, indeks beban merupakan kemampuan satu ban menopang berat. Kemampuan ini berbeda-beda karena itu dibuatkan kode khusus.

Kode indeks bobot ban kata Billy, biasanya berupa angka di bagian-bagian akhir sebelum indeks kecepatan ban.

"Sebelum ada speed symbol ada ukuran beban, misal tulisan 88, nah 88 itu adakah indeks beban," ujar Billy kepada Kompas.com, belum lama ini.

"Darimana kita tahu itu (88 itu mampu menopang berapa beban) kita bisa akses lewat internet tulis saja indeks beban. Indeks beban itu menunjukkan kemampuan satu ban menopang berapa Kg," katanya.

Billy menjelaskan, misal ada tulisan 88 bukan berarti tiap ban dapat menopang 88 Kg.

"Karena ada tabelnya, dan tabelnya bisa akses secara umum. Misal kita pakai 88 itu sepertinya bisa menopang 1.000 Kg, jadi kita kalikan kalau empat ban bisa 4.000 Kg atau 4 ton," katanya.

"Kalau di mobil itu kita muatannya 5 ton artinya di mobil itu sebetulnya tidak bisa pakai yang 88 harus menggunakann indeks beban lebih tinggi," ujar Billy.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ganti Ban Mobil Bukan Sekadar Pillih Ukuran, Perhatikan Indeks Beban", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/07/092200815/ganti-ban-mobil-bukan-sekadar-pillih-ukuran-perhatikan-indeks-beban.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm