Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (7/11/2023).
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (7/11/2023). ( KOMPAS.com)

China Dikabarkan Garap Kereta Cepat Jakarta-Surabaya, Menhub Buka Suara

8 November 2023 10:20 WIB

SonoraBangka.ID - Pemerintah dikabarkan akan menggandeng China lagi untuk menggarap perpanjangan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung hingga ke Surabaya, Jawa Timur.

Saat dikonfirmasi mengenai hal ini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi enggan menjawab.

Menhub bilang, mengenai kejelasan proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya digarap China sebaiknya ditanyakan ke Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

"Tanya ke Menko Marves karena itu kewenangan dari sana," ujarnya saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (7/11/2023).

Sementara mengenai keterlibatan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam uji bersama proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya, Menhub menyebut uji bersama itu baru berbentuk ide saja.

"Lagi, itu just idea, ide," kata Menhub.

Pada kesampatan yang sama, Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, rencana proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya dengan China masih dalam pembahasan.

Nantinya, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub akan dilibatkan dalam proyek ini.

"Ya (akan dilibatkan), masih dalam pembahasan saja," ucap Adita.

Sementara mengenai tender dan kontraktor proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya, dia mengaku masih belum mengetahuinya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.