Ilustrasi bakso keju untuk hidangan sehari-hari. Bikin banyak untuk stok di kulkas.
Ilustrasi bakso keju untuk hidangan sehari-hari. Bikin banyak untuk stok di kulkas. ( DOK.SHUTTERSTOCK/Syanti Ekasari)

Pastikan Kulit Tebal, Berikut Ini 5 Tips Membuat Bakso Beranak

8 November 2023 15:48 WIB

SonoraBangka.id - Bakso memiliki berbagai varian, salah satunya bakso beranak yang mempunyai ukuran besar berisi bakso kecil-kecil. Cara membuat bakso beranak perlu memperhatikan kulit bagian luar dan isi, namun semua bisa dibuat dengan mudah jika mengikuti cara berikut.

Simak tips membuat bakso beranak yang mudah dan dapat diikuti di rumah, dikutip dari majalah "Sedap / ED 04 2017" (2017) karya Sedap terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

1. Isi harus matang

Saat membuat bakso beranak perlu memperhatikan isian yang harus benar-benar matang sebelum dimasukkan ke dalam kulit bakso.

2. Kulit harus tebal

Pastikan membuat bakso beranak dengan kulit luar bakso yang tebal agar tidak mudah pecah.

3. Kulit dibentuk rapat

Pembuatan kulit luar bakso beranak harus padat dan dibentuk rapat, kulit ketika matang tidak pecah-pecah.

4. Rebus dengan api sedang

Bakso beranak sebaiknya direbus dalam api sedang jangan gunakan api besar. Dapat menyebabkan matangnya tidak merata.

5. Isi jangan berat

Selanjutnya jangan terlalu berat saat mengisi isian bakso beranak, isi dengan bakso kecil-kecil sampai dirasa cukup tidak terlalu banyak.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Tips Membuat Bakso Beranak, Pastikan Kulit Tebal", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/07/220300875/5-tips-membuat-bakso-beranak-pastikan-kulit-tebal.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm