Es Kopi Susu Tetangga Tuku.
Es Kopi Susu Tetangga Tuku. ( Kompas.com/Krisda Tiofani)

Tips dari Kopi Tuku, Berikut Ini 3 Cara Bangun Brand Toko Kopi

8 November 2023 16:00 WIB

SonoraBangka.id - Tuku dikenal sebagai pelopor kopi susu gula aren. Hingga kini, gerainya banyak tersebar di Jabodetabek dan Surabaya. Sudah berdiri sejak delapan tahun lalu tidak membuat toko kopi ini ketinggalan zaman. Justru, namanya kian dikenal luas.

Ada kunci di balik suksesnya Toko Kopi Tuku yang jarang diketahui banyak orang, bisa dipelajari oleh pebisnis pemula. Eleonora Ancilla, Junior Brand Manager Kopi Tuku, menjelaskan tiga rahasia sukses Tuku saat ditemui Kompas.com di Jakarta Coffee Week 2023, Jumat (3/11/2023) berikut ini. 

1. Kembangkan menu sesuai kebutuhan pasar

Belum banyak yang menjual kopi susu gula aren pada 2015. Tuku berhasil menjadi yang pertama dan disukai hingga kini. Namun, toko kopi ini tidak puas begitu saja. Ancilla yang akrab disapa Cilla, mengatakan bahwa Tuku justru berusaha selalu relevan dengan kebutuhan pasar.

Tidak berhenti pada aneka kopi yang dijualnya, saat ini Tuku juga meluncurkan menu Santai yang berisi beragam minuman teh. "Isinya minuman-minuman yang kami kurasi. Enjoyable buat diminum kapan saja, di mana saja, apalagi kalau mau minum selain kopi," kata Cilla. Ada Es Kelapa Jeruk, Es Teh Jawa Pandan, Es Gowes, dan Es Teh Sereh Lemon yang bisa menjadi pilihan para pelanggan bila bosan dengan kopi.

2. Dekat dengan pelanggan

Tuku memanggil pelanggannya dengan sebutan tetangga. Nama ini sengaja dibuat untuk menggambarkan kedekatan toko kopi dan pembelinya. Bukan sekadar transaksi jual-beli kopi dan kudapan, Cilla menuturkan, Tuku juga hadir untuk mendengarkan pendapat para tetangganya.

Pendapat yang dimaksud bisa berupa masukkan mengenai produk, sumber daya, hingga rekomendasi lokasi cabang baru. "Apresiasi terbesar juga untuk tetangga karena kami tahu bahwa kami bisa sebesar ini juga karena semua tetangga," tuturnya. "Kami luangkan waktu juga untuk mendengar kebutuhan tetangga," tambah Cilla.

3. Sedia produk nonmakanan

Tuku tidak hanya menjual makanan dan minuman. Saat ini, Tuku juga menyediakan beberapa kebutuhan para tetangganya. Toko kopi milik Andanu Prasetyo pernah berkolaborasi dengan beragam merek, mulai dari BLP Beauty hingga Disney Pixar. Lainnya, Tuku juga menjual kebutuhan barang, seperti payung, botol, jepitan, ikat rambut, hingga gelas. "Kami kan harus cari cara untuk selalu ada untuk tetangga. Jadi moto kami 'sedia payung sebelum hujan' sehingga kami mencoba merancang Toserbaku.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Bangun Brand Toko Kopi, Tips dari Kopi Tuku", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/07/110400175/3-cara-bangun-brand-toko-kopi-tips-dari-kopi-tuku.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm