Manfaat bawang putih untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.
Manfaat bawang putih untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. ( Unsplash/Ji Jiali)

Berikut Cara Tepat Menggunakan Bawang Putih Bubuk pada Masakan

8 November 2023 16:16 WIB

SonoraBangka.id - Bawang putih bubuk adalah bawang putih yang dikeringkan dan digiling menjadi bubuk. Bawang putih bubuk digunakan sebagai bumbu dapur seperti bumbu lainnya, namun tidak seperti bawang putih segar yang mendominasi rasa.

Bubuk bawang putih lebih menambahkan rasa halus dari bawang putih. Simak cara tepat gunakan bawang putih untuk masakan, dikutip dari laman Washington Post dan Martha Stewart, berikut selengkapnya.

1. Bawang putih bubuk untuk memanggang atau menggoreng

Jika melibatkan memasak dengan panas atau api, pertimbangkan kemungkinan bawang putih bisa terbakar dalam proses memasak. Jadi saat memanggang steik atau menggoreng ayam, mungkin bisa menggunakan bawang putih segar namun akan lebih baik memakai bawang putih bubuk. Sebab jika menggunakan bawang putih segar dapat terbakar dan gosong sehingga menghasilkan rasa pahit.

2. Bawang putih bubuk untuk bahan marinasi atau olesan

Tekstur dari bawang putih bubuk cocok digunakan sebagai bumbu marinasi atau olesan pada daging. Bawang putih segar yang dicincang akan membuatnya menggumpal, tetapi bawang putih bubuk lebih mudah menyebar.

3. Bawang putih bubuk untuk campuran pada roti

Bubuk bawang putih juga berguna untuk adonan saat membuat roti, bubuk bawang putih lebih mudah berdifusi dan merata ke dalam adonan roti dibandingkan bawang putih segar. Bawang putih bubuk merupakan bumbu yang berguna untuk menambahkan rasa tanpa menambahkan kelembapan berlebih, tidak seperti susu bubuk.

4. Bawang putih bubuk sebagai bumbu tambaha

Bawang putih bubuk dapat dimasukkan ke dalam saus pasta tanpa mengubah tekstur dan rasa yang terlalu berlebihan. Bawang putih bubuk juga praktis dimasukkan pada saus salad, saus celup camilan, dan di atas pizza.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Tepat Gunakan Bawang Putih Bubuk pada Masakan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/07/070500375/cara-tepat-gunakan-bawang-putih-bubuk-pada-masakan.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm