Honda CB650R kini pakai teknologi E-Clutch(Dok. MCN)
Honda CB650R kini pakai teknologi E-Clutch(Dok. MCN) ( KOMPAS.COM)

Honda Rilis Teknologi Untuk Kopling Otomatis pada CBR650R dan CB650R

8 November 2023 17:50 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Dua motor sport empat silinder ukuran sedang CBR650R dan CB650R model 2024 mendapat ubahan yang terbilang besar dibandingkan sebelumnya.

Dilansir dari Motorcycle News, (7/11/2023), CBR650R dan CB650R kini menjadi motor pertama Honda yang mengusung teknologi E-Clutch alias kopling otomatis.

'E-Clutch' adalah sistem elektronik terbaru yang pertama kali diperkenalkan Honda pada awal Oktober 2023.

Merek asal Jepang mengklaim bahwa ini adalah kopling otomatis buatan pabrik pertama di dunia yang memungkinkan pengendara untuk berakselerasi, berhenti, dan mengganti gigi tanpa menggunakan tuas kopling.

Saat motor sudah berjalan, E-Clutch akan berfungsi mirip quickshifter yang membuat tuas kopling tidak perlu lagi digunakan saat melakukan perpindahan gigi ke atas atau ke bawah.

Tapi yang membedakan E-Clutch adalah tuas kopling juga tidak perlu ditarik saat posisi diam atau berhenti, walaupun sistem operasi dengan cara ‘normal’ juga memungkinkan.

Singkatnya, pengendara cukup mengoperasikan pedal persneling, seperti halnya pada motor bebek atau moped.

E-Clutch awalnya akan ditawarkan sebagai opsi, mirip dengan sistem Transmisi Kopling Ganda Honda pada beberapa sepeda motornya.

Kontrol kopling diatur melalui unit aktuator yang menambah bobot sekitar 2 Kg, seperti yang ada di DCT, dan ditempatkan pada bak kopling atau penutup mesin sebelah kanan.

Selain penambahan E-Clutch, CBR650R dan CB650R juga mendapat ubahan lain. Dari sisi tampilan, CBR full fairing yang lebih sporty mendapat lampu depan, jok, dan unit ekor baru, serta fairing baru.

Sementara CB versi telanjang mendapat lampu LED baru, selubung radiator, jok, dan desain buritan yang juga baru.

Keduanya turut mendapatkan dasbor TFT penuh warna berukuran lima inci baru dengan konektivitas 'RoadSync' Honda, yang dinavigasi melalui switch pod di sebelah kiri, yang mencakup sakelar baru.

Meski begitu, dari sisi dapur pacu masih sama dengan sebelumnya. Di mana kedua motor masih dibekali unit 4-silinder berkapasitas 649 cc dengan tenaga maksimal 92 Tk pada 12.000 rpm.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Honda Rilis Teknologi Kopling Otomatis pada CBR650R dan CB650R", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/08/082200815/honda-rilis-teknologi-kopling-otomatis-pada-cbr650r-dan-cb650r.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm