Tambal ban tubeless model tip top (Dicky Aditya Wijaya)
Tambal ban tubeless model tip top (Dicky Aditya Wijaya) ( KOMPAS.COM)

Batasan Ban Bocor yang Bisa Untuk Ditambal Pakai Model Tip Top

8 November 2023 19:11 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Ban tubeless banyak dipakai karena lebih unggul dan nyaman. Selama paku atau benda tajam yang menusuk ban tidak dicabut maka udara dalam ban tidak langsung keluar habis.

Cara tambal ban tubeless di pasaran saat ini ada dua jenis, yaitu model patch alias model payung atau kerap disebut tip top, dan model string alias model tusuk atau biasa disebut model cacing.

Billy Cahyadi, Manager Produk dan Pelatihan PT Hankook Tire Sales Indonesia mengatakan, model patch lebih baik dalam menambal ban bocor, tapi pada dasarnya tambal ban jenis ini juga punya keterbatasan.

Billy mengatakan, tambal ban model payung hanya bisa efektif bila menambal lubang atau robekan di bawah 5 cm.

"Seberapa besar robekannya, kalau tidak salah kalau lebih dari lima sentimeter tidak bisa sebab tidak ada patch yang bisa mengikuti lubang selebar itu," kata Billy kepada Kompas.com, belum lama ini.

"Sebab besarnya patch itu juga tidak seberapa, paling sebesar koyo," kata Billy.

Billy mengatakan, secara keseluruhan tambal ban model payung merupakan tambal paling baik saat ini. Kelemahannya ialah proses penambalannya agak lama dan harga relatif lebih mahal.

Proses tambal ban jenis ini yaitu dibersihkan dulu kawat baja di ban kemudian diberi anti karat, di-buffing, kemudian diberi lem, lalu dipasang payung penambalnya.

"Patch itu macam-macam mereknya ada Maruni, Tip Top, yang bagus itu biasanya Tip Top dia tidak hanya dinding doang ditempel tapi luar dalam. Dalam ditempel, luar ditempel ditambah lagi dengan karet tambahan," katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Batasan Ban Bocor yang Bisa Ditambal Pakai Model Tip Top", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/08/094200315/batasan-ban-bocor-yang-bisa-ditambal-pakai-model-tip-top.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm