Green bean atau biji kopi mentah dari berbagai proses, yakni Natural, Semi Wash, dan Full Wash
Green bean atau biji kopi mentah dari berbagai proses, yakni Natural, Semi Wash, dan Full Wash ( KOMPAS.COM/ALBERT SUPARGO)

Saran dari Petani, Berikut Ini 3 Tips Beli Biji Kopi Mentah

8 November 2023 19:59 WIB

SonoraBangka.id -  Kopi tidak hanya dinikmati sebagai minuman hangat atau dingin yang nikmat di lidah. Kini, pencinta kopi juga mulai membuat seduhannya di rumah, mengandalkan bubuk kopi house blend dari berbagai daerah tanam kopi.

Ada juga yang sengaja membeli green bean atau biji kopi mentah, meskipun produk ini biasanya dibeli oleh pebisnis kafe. Menurut Ayi Sutedja, petani Kopi Puntang di Jawa Barat, pencinta kopi juga boleh saja membeli green bean dan mengolahnya sendiri di rumah.

Bila tak ada alat sangrainya, bisa datang ke tempat khusus sangrai kopi untuk mengolah biji kopi mentah tersebut. Namun, sebelum mengolahnya, ada tips membeli biji kopi mentah yang dibagikan oleh Ayi, bisa disimak para pencinta kopi.

1. Ketahui asal tanam kopi

Kopi di Indonesia berasal dari berbagai daerah. Mulai dari kawasan dataran rendah hingga dataran tinggi. Asal tanam kopi penting untuk diketahui pembeli. Sebab, menurut Ayi, rasa kopi di setiap daerah berbeda-beda. "Sekarang kan yang penting adalah traceability, jelas kopinya dari mana, siapa petaninya atau yang mengolahnya," tutur Ayi ketika ditemui Kompas.com di Jakarta Coffee Week, Jumat (3/11/2023).

2. Lihat varietas kopi

Kopi arabika Gayo di dataran tinggi Kabupaten Bener Meriah dikenal salah satu biji kopi pilihan terbaik yang selama ini dipasok ke sejumlah pasar dunia, namun memasuki panen raya tahun ini harga jual kopi dari petani anjlok menjadi Rp 7.000 per bambu akibat pandemi Covid-19, sementara tahun lalu harga kopi yang baru dipanen bisa mencapai Rp 10 ribu per bambu.

Green bean biasanya dijual dengan informasi lengkap. Bukan hanya asal, melainkan varietas dan proses pascapanen yang digunakan. Ayi mengatakan, setidaknya ada dua macam kopi yang biasa dijual, yakni kopi enak dan kopi banyak. Istilah tersebut menggambarkan tanam dan panen kopinya.

"Kopi banyak berarti dipanen dari pohon berbuah banyak, sementara kopi yang enak diambil dari pohon berbuah sedikit," ujarnya. Semakin sedikit buah kopi dan sulit proses tanamnya, semakin mahal harga jualnya.

3. Perhatikan metode pascapanen

Tak kalah penting, kamu juga bisa melihat metode pascapanen kopi yang digunakan pada green bean tersebut. Menurut Ayi, cara mengeringkan kopi akan menentukan karakter rasanya ketika diseduh. Bila ingin kopi beraroma buah, coba pilih natural atau wine. Sementara itu, proses full wash menghasilkan kopi bercita rasa kuat, sementara metode honey menghasilkan kopi manis.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Tips Beli Biji Kopi Mentah, Saran dari Petani", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/08/180500475/3-tips-beli-biji-kopi-mentah-saran-dari-petani?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm