lustrasi quinoa.
lustrasi quinoa. ( shutterstock.com/Begirlfoodphoto)

Menu Makanan Sehat, Berikut 5 Tips Masak Quinoa agar Cepat Empuk

8 November 2023 20:02 WIB

SonoraBangka.id - Sebagian dari kamu mungkin asing dengan quinoa. Dilansir dari laman MasterClass, Quinoa merupakan biji-bijian yang sudah ada sejak 5.000 tahun yang lalu. Ada tiga jenisnya berdasarkan warna, ada hitam, putih, dan merah.

Quinoa bisa digunakan sebagai pengganti karbohidrat seperti nasi putih. Oleh karena itu, perlunya mengetahui cara masak quinoa dengan benar berikut ini. 

1. Cara cuci quinoa

Tuang quinoa dalam saringan berlubang kecil. Putar-putar quinoa dalam saringan. Biarkan air mengalir agar kotoran halusnya hilang. Bilas dengan air bersih selama kurang lebih 3-4 menit. Dilansir dari laman The Kitchn, quinoa perlu dicuci karena memiliki lapisan alami yang bernama saponin. Saponin memiliki rasa pahit atau seperti sabun, jika ikut dimasak.

2. Masak dengan api kecil

Dilansir dari laman Simply Recipes, quinoa perlu menyerap air agar mengembang dan empuk. Kamu bisa merebusnya dengan air secukupnya kemudian selalu gunakan api kecil. Penggunaan api kecil bisa membuat quinoa menjadi empuk dan matang merata. Lihat Foto Ilustrasi quinoa.

3, Tutup panci

Selama proses masak quinoa, ada baiknya untuk selalu menutup panci. Pasalnya, air yang menguap akan membuat quinoa lebih lembek atau menggumpal.

4. Rasio quinoa dan air

Ditambahkan dari laman MasterClass, kamu bisa menggunakan perbandingan 1:2 yaitu 1 cangkir quinoa dan 2 cangkir air. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan sekitar 1/2 cangkir quinoa dan 1 cangkir air.

5. Tambah dengan air kaldu atau minyak

Kamu bisa menambahkan bahan atau bumbu seperti air kaldu, minyak zaitun, dan garam untuk mengurangi rasa manis sekaligus bisa memberikan rasa gurih pada hidangan quinoa.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Tips Masak Quinoa agar Cepat Empuk, Menu Makanan Sehat", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/01/131700675/5-tips-masak-quinoa-agar-cepat-empuk-menu-makanan-sehat.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm