Ilustrasi putih telur kocok.
Ilustrasi putih telur kocok. ( DOK.SHUTTERSTOCK/GAYVORONSKAYA_YANA)

Berikut Ini 5 Cara Kocok Putih Telur yang Tepat untuk Puding

8 November 2023 20:32 WIB

SonoraBangka.id - Puding terdapat banyak jenisnya, mulai dari puding hias bunga, puding buah, sampai puding busa. Puding busa terbuat dari putih telur yang dikocok sampai berbentuk busa, perhatikan cara mengocoknya agar tidak terlalu kaku.

Cara yang tepat saat mengocok putih telur akan menghasilkan puding bertekstur lembut dan enak. Simak cara kocok putih telur yang tepat untuk puding, dikutip dari majalah "Sedap / APR 2012" (2012) karya Sedap terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

1. Pisahkan bagian kuning telur

Pecahkan telur hati-hati sambil memisahkan kuning telurnya.

2. Cara atasi kuning telur yang masuk

Apabila kuning telur terlanjur masuk, pisahkan dengan sendok yang kering. Jangan menggunakan kulit telur untuk mengangkat sisa kuning telur. Kulit telur dapat membawa bakteri.

3. Kocok dengan kecepatan rendah

Kocok dengan kecepatan rendah sampai berbusa.

4. Tambahkan bahan lain

Tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil dikocok rata.

5. Kocok sampai mengembang

Kocok kembali putih telur sampai mengembang. Pengetesan dilakukan dengan cara mencoleknya. Apabila ujung putih telur melengkung seperti paruh burung, maka pengocokan sudah pas, sedangkan lurus, putih telur terlalu kaku.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Kocok Putih Telur yang Tepat untuk Puding", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/25/070500975/5-cara-kocok-putih-telur-yang-tepat-untuk-puding.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm