Mitsubishi Pajero generasi pertama(Dok. Mitsubishi Motors)
Mitsubishi Pajero generasi pertama(Dok. Mitsubishi Motors) ( KOMPAS.COM)

Mitsubishi Pajero Gen-1 Dapat Penghargaan Untuk Mobil Bersejarah

8 November 2023 20:41 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mitsubishi Motors Corporation memiliki banyak model bersejarah. Salah satunya yang baru ini mendapatkan penghargaan adalah Pajero.

Dikutip dari Mitsubishi-motors.com, Rabu (7/11/2023), penghargaan tersebut ditujukan khusus untuk generasi pertama Pajero yang diluncurkan pada 1982. Penghargaan diberikan oleh Japan Automotive Hall of Fame2 (JAHFA) sebagai salah satu dari mobil bersejarah berkat kontribusinya yang besar kepada sejarah otomotif Jepang.

Pajero pertama merupakan mobil off-road 4WD yang lengkap, memadukan handling off-road yang sangat baik dengan kemudahan penggunaan oleh penumpang.

Tak heran kalau model ini juga laris di pasar dan membangun posisi solid sebagai salah satu pemimpin dari kendaraan rekreasional, juga 4WD yang tren di Jepang pada saat itu.

Sebanyak 3,25 juta unit Pajero telah diproduksi untuk empat generasi hingga produksinya dihentikan pada 2021. Mitsubishi juga sudah mengekspor Pajero ke lebih dari 170 negara dan mendapatkan penggemar yang loyal secara global.

Pajero juga menjadi salah satu model seri ikonik dari Mitsubishi Motors di Jepang, menambahkan model seperti Pajero Mini kei-car ke dalam lineup di 1994, model compact SUV Pajero Junior di 1995, dan compact SUV Pajero iO di tahun 1998.

Pada ajang balap, Pajero berkompetisi untuk pertama kalinya di Dakar Rally pada 1983. Pajero kemudian berhasil meraih kemenangan umum di 1985, yang menjadi kemenangan pertama dengan kendaraan Jepang.

Pajero berkompetisi di reli sebanyak 26 kali hingga 2009 dan meraih total 12 kemenangan keseluruhan, termasuk tujuh kemenangan berturut-turut. Pengetahuan dan keahlian didapatkan melalui pengalaman di ajang balap dan dimanfaatkan untuk meningkatkan daya tarik produk Pajero dan model produksi lainnya.

Saat ini, model Pajero Sport yang merupakan cross-country SUV meneruskan silsilahnya dan dijual di lebih dari 80 negara di dunia. Pada beberapa pasar, Mitsubishi memasarkan Pajero dengan nama Montero.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mitsubishi Pajero Gen-1 Dapat Penghargaan Mobil Bersejarah", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/08/110200115/mitsubishi-pajero-gen-1-dapat-penghargaan-mobil-bersejarah.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm