Foto: Bus berhenti di Terminal Tipe A Tanjung Pinggir, Kota Pematangsiantar dua hari sebelumnya larangan operasional Bus pada 6-17 Mei 2021. (KOMPAS.COM/TEGUH PRIBADI)
Foto: Bus berhenti di Terminal Tipe A Tanjung Pinggir, Kota Pematangsiantar dua hari sebelumnya larangan operasional Bus pada 6-17 Mei 2021. (KOMPAS.COM/TEGUH PRIBADI) ( KOMPAS.COM)

Kemenhub Menyiapkan Terminal Bus Tipe A dengan Fasilitas Modern

8 November 2023 20:48 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Peningkatan fasilitas terminal sebagai simpul transportasi diharapkan bisa menghilangkan terminal bayangan dan penggunaan pool sebagai tempat naik dan turun penumpang.

Selain itu, terminal juga diharapkan bisa mendukung ekonomi dan fungsi sosial dan budaya di daerah setempat.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan pun berencana untuk menciptakan terminal modern, salah satunya melalui revitalisasi Terminal Tipe A.

Untuk diketahui, saat ini terdapat 128 Terminal Tipe A, di mana sebanyak 112 terminal ada di bawah pengelolaan Ditjen Perhubungan Darat (Balai Pengelola Transportasi Daerah).

Sementara itu, sebagian lainnya ada di bawah pengelolaan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek, Pemerintah Daerah DKI Jakarta, dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota yang sedang dalam proses penyerahan.

“Dalam menciptakan terminal yang memiliki fungsi pendorong ekonomi, sosial dan budaya membutuhkan dukungan stakeholder,” ujar Toni Tauladan, Direktur Prasarana Transportasi Jalan, dalam keterangan resmi, Selasa (7/11/2023).

“Yaitu Pemerintah Daerah dan perusahaan Otobus untuk memanfaatkan terminal melalui manajemen lalu lintas di sekitar terminal dan penggunaan terminal sebagai fasilitas pelayanan masyarakat, seperti SAMSAT dan Mal Pelayanan Publik,” kata dia.

Modernisasi pada Terminal Tipe A dapat dilihat dari integrasi dengan moda lain, zonasi terminal yang telah terbentuk, tidak ada penyeberangan (crossing) pada alur kendaraan dan alur penumpang, serta secara teknis telah dilengkapi dengan sistem Information Technology (IT).

Sebagai informasi, terminal bus di Indonesia terbagi dalam tiga tipe. Mulai dari Tipe A, Tipe B, sampai Tipe C.

Terminal Tipe A berfungsi melayani kendaraan penumpang umum untuk angkutan antar kota antar provinsi (AKAP), angkutan lintas batas antar negara, dan angkutan antar kota dalam provinsi (AKDP), serta tak ketinggalan angkutan kota sampai angkutan pedesaan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kemenhub Siapkan Terminal Bus Tipe A dengan Fasilitas Modern", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/08/112200015/kemenhub-siapkan-terminal-bus-tipe-a-dengan-fasilitas-modern.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm