US Prime Ribeye Steak.
US Prime Ribeye Steak. ( KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN)

Ribeye dan Tomahawk, Apa Yang Menjadi Perbedaan dari Keduanya?

8 November 2023 21:22 WIB

SonoraBangka.id -  Tenderloin, sirloin, dan ribeye merupakan nama-nama potongan daging sapi populer, mudah ditemukan di restoran dan diolah di rumah.

Satu lagi, potongan daging sapi lebih besar bernama tomahawk juga banyak digunakan belakangan ini. Bila dilihat mendetail, tomahawk mirip dengan ribeye.

Keduanya sama-sama diambil dari daging berselimut iga. A.S Windoe, Corporate Executive Chef of Archipelago International, mengonfirmasi hal ini. Windoe mengatakan, ribeye merupakan bagian dari tomahawk. Keduanya adalah satu kesatuan. 

"Tomahawk itu satu kategori dari ribeye. Sama-sama bagian sapi yang jarang bergerak," ujar Windoe saat ditemui media usai konferensi pers Archipelago Food Festival di Harper Hotel Cikarang, Kamis (19/10/2023).

Perbedaan ribeye dan tomahawk bisa dilihat dari penyajiannya.  Ribeye biasa disajikan dalam bentuk potongan daging utuh tanpa banyak tulang. Sementara itu, tomahawk disajikan bersama tulang rusuk besar yang bisa dipegang satu tangan.

Rusuk sapi ini memanjang dan menyisakan daging tomahawk lebar di salah satu ujung tulangnya. Menurut Windoe, keduanya sama-sama memiliki tekstur serupa ketika dimasak.

Tidak ada perbedaan signifikan. Tekstur dan cita rasanya bisa berubah bila jenis sapi potong yang digunakan berbeda, baik dari asal maupun tingkat kualitasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Bedanya Ribeye dan Tomahawk?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/21/110500675/apa-bedanya-ribeye-dan-tomahawk-.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm