Ilustrasi mengganti oli mesin motor(Dok. DAM)
Ilustrasi mengganti oli mesin motor(Dok. DAM) ( KOMPAS.COM)

Belum Lama Servis tapi Oli Motor Sudah Minta Diganti, Ini Untuk Penyebabnya

9 November 2023 17:06 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pengguna sepeda motor mungkin pernah mengalami kondisi dimana saat motor baru diservis, tapi minta ganti oli mesin tidak lama setelahnya. Apa yang menyebabkan situasi ini?

Anto Hananto, Kepala Bengkel AHASS 88 Tangerang menjelaskan, kejadian semacam ini umumnya dipicu oleh dua penyebab utama.

Kedua sebab tersebut juga dipicu oleh kekeliruan pengguna saat berkendara. Artinya, hal ini tidak berkaitan dengan kendala teknis.

“Paling sering itu (oli cepat diganti) gara-gara motor keseringan dipakai, atau pakai BBM oktan rendah,” ucapnya kepada Kompas.com, Rabu (8/11/2023).

Untuk diketahui, durasi standar pemakaian oli mesin adalah sekitar 2.000 kilometer. Tapi angka ini bisa dipebgaruhi beberapa faktor. Berikut penjelasannya :

1. Motor terlalu sering dipakai

Penyebab pertama oli mesin cepat rusak adalah karena motor terlalu sering dipakai. Menurut Anto, intensitas berkendara yang tinggi memang bisa sangat memengaruhi.

“Sebenarnya kan bisa dihitung, kalau misalnya sehari naik motor bisa 100 kilometer, dan itu tiap hari. Belum sebulan juga sudah minta ganti oli,” kata dia.

Menurutnya kondisi semacam ini sangat umum dijumpai, khususnya bagi kalangan pekerja dengan mobilisasi kendaraan yang cukup tinggi.

Lain halnya kalau motor jarang digunakan, sebab masa pakai oli mesin mungkin bisa bertahan jauh lebih lama, bahkan hingga 2 bulan sampai 3 bulan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm