Ilustrasi
Ilustrasi ( Kompas.com/BILL Clinton)

Tips Mengatasi Ponsel Xiaomi yang Lemot, Dijamin Auto Sat Set!

11 November 2023 15:24 WIB

SONORABANGKA.ID - Xiaomi menjadi salah satu merek ponsel yang laris manis di Tanah Air. Harganya yang terjangkau ditambah dengan dapur pacu yang memukau, tak pelak membuat banyak orang tertarik untuk memilikinya.

Selain itu, produsen smartphone asal China ini juga terus mengeluarkan produk terbarunya, membuat para pengguna tetap setia.
 
Baru-baru ini, Xiaomi juga baru merilis salah satu produk terbarunya. Yaitu Xiaomi Redmi 12, smartphone entry level dengan harga mulai 1 jutaan saja. Sudah bisa didapatkan di marketplace seperti Blibli. Dengan membeli online, akan diantarkan sampai depan rumah. Tidak perlu repot-repot macet di jalanan.
 
Meski Xiaomi jadi favorit banyak orang, namun ada salah satu masalah yang kerap dialami penggunanya. Yaitu kinerjanya yang lemot karena memori ponsel penuh. Terutama bagi produk Xiaomi dengan penyimpanan dan RAM kecil. Namun tenang saja, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi ponsel yang lemot.
 
Gunakan Memori External
 
Khusus bagi seri Xiaomi yang memiliki penyimpanan kecil, bisa tambahkan memori external untuk menampung file. Bisa jadi, smartphone berjalan lambat karena dokumen, gambar, atau file terlalu banyak. Jika file terlalu banyak tanpa diimbangi dengan RAM atau memori yang besar, kerja ponsel bisa ngos-ngosan.
 
Namun yang perlu diperhatikan, cari tahu terlebih dahulu apakah ponsel Xiaomi Anda bisa ditambah dengan memori external. Pasalnya, ada beberapa seri ponsel yang tidak bisa atau tidak compatible dengan memori external.
 
Hapus File yang Tidak Penting
 
Cara lainnya untuk mengatasi HP Xiaomi Anda lemot adalah dengan menghapus beberapa file yang dirasa tidak penting. Jika sayang untuk dihapus, Anda bisa memindahkannya di cloud atau hardisk. Sisakan saja file-file yang penting, namun jangan terlalu banyak. Dengan begitu, kinerja ponsel akan baik-baik saja.
 
Sementara bagi para pemilik Xiaomi dengan RAM besar namun merasa masih lemot, ada banyak penyebabnya. Misalnya saja terlalu banyak game atau file berat lainnya yang bersarang. Ada baiknya untuk membersihkan aplikasi atau file-file yang tidak penting secara berkala.
 
Hapus Cache
 
Tidak hanya membersihkan file dan aplikasi yang tidak penting saja, Anda juga perlu menghapus cache. Menariknya, produsen Xiaomi sudah mengeluarkan fitur yang bisa membersihkan cache yang bernama Cleaner atau Pembersih. Selain cache, juga bisa membersihkan berkas tidak berguna dan lain sebagainya.
 
Menghapus cache dengan Cleaner ini sangatlah mudah. Tinggal akses saja fiturnya yang biasanya ada di home screen HP Xiaomi. Setelah terbuka, klik Pembersih dan pilih Bersihkan. Lakukan pembersihan ini secara berkala, seminggu sekali atau dua minggu sekali.
 
Kurangi Penggunaan Widget
  
Seperti kebanyakan merek hp lainnya, Xiaomi juga didukung oleh berbagai jenis widget. Hal tersebut digunakan untuk mempermudah para penggunanya. Letaknya biasa ada di home screen. Menariknya, widget ini bisa dikustomisasi, sehingga Anda sendiri yang akan mengaturnya.
 
Hadirnya widget ini memang memudahkan para penggunanya untuk mengakses lebih cepat. Meski begitu, terlalu banyak widget juga akan membuat kinerja ponsel jadi lambat. Maka dari itulah, lebih baik atur penggunaan widget, jangan terlalu banyak. Selain bisa membuat ponsel lemot, terlalu banyak juga membuat home screen berantakan.
 
Matikan Proses yang Berjalan
 
HP Xiaomi bisa lelet dan lemot karena ada proses yang berjalan di latar belakang. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa membatasi proses yang berjalan di latar belakang lewat Opsi Pengembang. Dengan melakukan hal tersebut, Anda bisa menghemat ruang RAM sampai dengan 10%.
 
Cara untuk menghentikan proses yang sedang berjalan ini juga mudah sekali. Tinggal masuk saja ke Setelan, pilih Tentang Telepon dan klik Versi MIUI. Jika sudah muncul informasi masuk ke Opsi Pengembang, lalu pilih Setelan dan klik Setelan Tambahan, selanjutnya pilih lagi Opsi Pengembang dan klik Batasi Proses Latar Belakang, bisa ganti dengan Tidak Ada Proses Latar Belakang.
 
Meminimalisir Penggunaan Live Wallpaper
 
Tips yang selanjutnya adalah meminimalisir penggunaan live wallpaper. Memang benar, live wallpaper membuat tampilan home screen jadi lebih menarik. Namun tahukah Anda, live wallpaper juga menjadi penyumbang lemotnya ponsel Anda. Sehingga susah untuk digunakan multifungsi.
 
Selain live wallpaper, matikan juga animasi yang ternyata menggunakan sumber daya RAM serta baterai. Meminimalisir penggunaan animasi atau live wallpaper dengan menggantinya dengan tema default yang ditawarkan oleh Xiaomi.
 
Lakukan Restart Xiaomi Sesekali
 
Anda juga bisa sesekali melakukan restart HP Xiaomi ke pengaturan awal. Terutama jika ponsel Anda sudah benar-benar sangat lemot dan sesekali hang. Tapi sebelum reset pabrik, ada baiknya untuk backup berbagai data di ponsel. Jika tidak bisa reset sendiri, bisa dibawa ke yang lebih ahli ke service center.
 

Jangan ragu untuk melakukan tips di atas jika ponsel Anda sedang lemot. Jika sudah diservis dan dibenahi namun tetap tidak berubah, mungkin ini saatnya And untuk berganti ponsel baru. Tenang saja, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di Blibli. Berbagai jenis Xiaomi ditawarkan. Harganya juga bisa disesuaikan dengan kantong masing-masing. 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm