Pengendara skutik mengalami kejadian rem blong di Jurang Ampel, Prigen, Kabupaten Pasuruan (dashcamindonesia )
Pengendara skutik mengalami kejadian rem blong di Jurang Ampel, Prigen, Kabupaten Pasuruan (dashcamindonesia ) ( KOMPAS.COM)

Langkah Penting Saat Motor Matik Mengalami Kasus Rem Blong

11 November 2023 21:34 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kejadian rem blong atau gagal fungsi rem, bisa dialami semua kendaraan bermotor, baik mobil maupun sepeda motor.

Pada roda dua, kasus rem blong banyak didominasi motor matik. Kejadian tersebut sering kali berlangsung ketika melewati jalan menurun yang curam.

Hal ini karena pengendara motor matik menggunakan rem secara berlebih akibat tidak ada engine brake, sehingga sistem pengereman mengalami pemuaian dan tak dapat bekerja dengan baik.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana mengatakan, rem blong merupakan peristiwa yang sangat menakutkan dan berbahaya bagi pengendara motor.

Karena itu, Agus menyarankan, sebelum bepergian jauh, baiknya pengendara melakukan pemeriksaan kondisi guna memastikan kendaraan layak jalan dan tidak membahayakan.

“Sebelum mulai berkendara haruslah membiasakan selalu mengecek motor, di antaranya yaitu rem depan dan belakang agar kendaraan yang kita gunakan lebih aman,” kata Agus kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Kemudian, ketika motor mengalami rem blong pengendara motor sebisa mungkin harus tenang, kalau panik maka tidak bisa mencari solusi untuk meminimalisir kecelakaan.

“Jika kita panik maka kita tidak akan bisa berpikir secara baik dan keputusan yang diambil bisa membahayakan diri kita sendiri,” kata Agus.

Selanjutnya, kurangi laju kendaraan dengan menutup gas dan mengarahkan ke medan yang menanjak.

Tujuannya, tak lain untuk mengurangi kecepatan. Sehingga, motor matik akan berjalan pelan bahkan bisa berhenti dengan sendirinya.

Untuk menghindari risiko yang lebih berbahaya, pengendara bisa membunyikan klakson sebagai tanda bagi pengguna jalan lainnya, sehingga tidak terjadi tabrakan.

Apabila, cara di atas belum bisa mengatasi situasi tersebut, sehingga terpaksa harus menabrak agar motor berhenti maka pilih tempat yang tidak membahayakan seperti rumput atau pasir.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Langkah Penting Saat Motor Matik Mengalami Rem Blong", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/11/152200815/langkah-penting-saat-motor-matik-mengalami-rem-blong.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm