Wuling menugaskan sebanyak 100 unit Air ev untuk mendukung perjalanan para delegasi selama penyelenggaraan KTT AIS Forum 2023.(Wuling Motors)
Wuling menugaskan sebanyak 100 unit Air ev untuk mendukung perjalanan para delegasi selama penyelenggaraan KTT AIS Forum 2023.(Wuling Motors) ( KOMPAS.COM)

Komitmen Wuling Motors dalam Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia

11 November 2023 21:53 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Wuling Motors mencatatkan diri sebagai salah satu pemain sentral dalam industri otomotif, segmen Kendaraan Listrik Berbasis Baterai (KLBB) di Indonesia.

Satu tolak ukur dari komitmen Wuling dalam pengembangan KLBB dibuktikan dengan dimulainya produksi Wuling Air ev, di pabrik seluas 60 hektar yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat.

Pabrik yang terintegrasi dengan supplier park ini juga memiliki kapasitas produksi 10.000 unit Wuling Air ev per-tahun.

Kapasitas produksi tersebut memungkinkan Wuling untuk melakukan penetrasi pasar secara masif. Terhitung dari Januari sampai September 2023, Wuling Air ev diklaim telah terjual sebanyak 11.000 unit di Indonesia.

Pencapaian dari Air ev juga membuat Wuling memperoleh sembilan penghargaan bergengsi di Indonesia, seperti Otomotif Awards 2023, IDI Awards 2023, Marketeers OMNI, dan lain-lain.

Tidak cuma berfokus pada pemasaran Wuling juga turut mengambil peran dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik nasional, melalui hilirisasi dan lokalisasi baterai.

Lokalisasi baterai kendaraan listrik merupakan bentuk kerja sama strategis antara Wuling dengan PT Gotion Green Energy Solutions Indonesia, yang sebelumnya telah diresmikan pada November 2022.

Gotion Hi-Tech merupakan perusahaan global yang berinvestasi di Indonesia pada bidang manufaktur baterai kendaraan listrik.

Melalui kerja sama ini, komitmen Wuling dalam memproduksi kendaraan listrik dengan pasokan lokal berkualitas dapat terwujud.

Komitmen Wuling terhadap pengembangan kendaraan listrik juga dibuktikan secara global, dengan menjadi salah satu dari produsen kendaraan listrik yang mencapai angka penjualan 1 juta unit.

Pada tahun ini pun, Wuling mencatatkan penjualan sebanyak 886.400 unit untuk periode Januari - Oktober 2023 di negara asalnya. Adapun komposisi penjualan tersebut terdiri dari 334.000 mobil listrik dan 552.400 mobil ICE.

"Salah satu produk penyumbang angka penjualan tersebut adalah Wuling Bingo, mobil listrik terbaru lansiran Wuling yang mulai dipasarkan sejak April 2023," ungkap Dian Asmahani belum lama ini di Jakarta.

Penerimaan masyarakat Tiongkok terhadap Wuling Bingo juga terbilang cukup baik. Terbukti dari catatan penjualan sebanyak 120.000 unit selama tujuh bulan sejak awal peluncurannya.

Adapun untuk penjualan mobil-mobil listrik model lainnya di Tiongkok seperti Mini EV, KiWi EV, Nano EV and Air ev, mencatatkan penjualan sebanyak 214.000 sejauh tahun ini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Komitmen Wuling Motors dalam Pengembangan Kendaraan Listrik di Indonesia", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/11/202624915/komitmen-wuling-motors-dalam-pengembangan-kendaraan-listrik-di-indonesia?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm