ilustrasi lalapan segar ala warung nasi.
ilustrasi lalapan segar ala warung nasi. ( shutterstock/Ariyani Tedjo)

Berikut 3 Cara Siapkan Lalapan Tetap Segar ala Restoran Sunda

12 November 2023 15:10 WIB

SonoraBangka.id - Makanan sunda identik dengan lalapan segar, bisa dicocol dengan sambal sekaligus pelengkap nasi dan lauk. Restoran sunda memiliki cara khusus untuk menyiapkan lalapan ini agar tetap segar dan tampil prima saat disajikan. Koki Lembur Kuring & Seafood Cimanggis menjelaskan cara menyiapkan lalapan segar ala restoran sunda berikut ini.

1. Siapkan sayurannya

Tidak semua sayuran bisa dijadikan lalapan atau dimakan mentah. Hanya beberapa yang biasa dikonsumsi orang Sunda, misalnya, timun, terong hijau, selada, kacang panjang, dan kol. 

2. Cuci sayur di air mengalir

Semua sayuran harus dicuci bersih, mengingat lalapan ini langsung dikonsumsi tanpa pemasakan. Dion menyarankan, sebaiknya cuci sayur untuk lalapan menggunakan di bawah air mengalir sebanyak dua kali. "Tergantung kebersihannya.

Bisa dua hingga tiga kali sayurannya dicuci," ujarnya saat ditemui Kompas.com di Lembur Kuring & Seafood Cimanggis, Rabu (8/11/2023).

3. Rendam dalam air es

Tahapan ini opsional, tetapi tidak kalah penting untuk diperhatikan. Menurut dia selama sayurannya segar, lalapan yang sudah bersih bisa langsung disajikan dan dimakan. Sayuran juga bisa disimpan di kulkas untuk menjaga kesegarannya selama satu hingga dua hari. Namun, bila tidak ada kulkas, sebaiknya rendam sayuran di dalam air es agar nampak lebih segar sebelum disajikan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Siapkan Lalapan Tetap Segar ala Restoran Sunda, Tips untuk Usaha", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/10/073200475/3-cara-siapkan-lalapan-tetap-segar-ala-restoran-sunda-tips-untuk-usaha.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm