Ilustrasi sayur asem sunda.
Ilustrasi sayur asem sunda. ( Dok. Shutterstock/ gilangtristiano)

Rasa hingga Warna Kuah, Berikut 3 Beda Sayur Asem Sunda dan Betawi

12 November 2023 15:20 WIB

SonoraBangka.id - Sayur asem sekilas nampak sama, terlepas dari mana asal daerah pembuatannya. Padahal, sayur asem di setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing.

Sebut saja sayur asem sunda dan sayur asem betawi yang banyak dijual di warung makan. Simak tiga perbedaan sayur asem sunda dan sayur asem betawi menurut pengelola Lembur Kuring & Seafood, berikut ini. 

1. Rasa sayur asem sunda lebih pedas

Menurutnya, sayur asem sunda terasa lebih manis dan pedas karena menggunakan bumbu halus dari cabai rawit. Sementara itu, sayur asem betawi rasany asam dan pedas karena penggunaan bumbu yang diulek kasar. Ia menuturkan, setiap bahan sayur asem sunda juga dimasak terpisah atau tidak dimasukkan bersamaan.

"Bahan-bahan untuk membuat sayur asemnya sama, tetapi penyajiannya beda, setiap bahannya harus dimasak terpisah," katanya aat ditemui Kompas.com di Lembur Kuring & Seafood Cimanggis, Rabu (8/11/2023). Sebab, setiap bahan memiliki tekstur berbeda sehingga akan matang di waktu yang berbeda juga.

2. Warna kuah sayur asem betawi bening

Bila dilihat lebih detail, warna kedua sayur asem beda asal ini juga berbeda. Sayur asem sunda lebih keruh kemerahan, sedangkan sayur asem betawi cenderung bening kecoklatan.

Perbedaan warna sayur asem ini kembali pada bedanya jenis bumbu yang digunakan, mengingat sayur asem sunda memakai cabai rawit dan terasi ulek. "Zaman dulu pun, sayur asem sunda dibuat pakai merek khusus sehingga warna dan rasanya unik, tidak bisa diganti dengan bahan lain," jelasnya. 

3. Sayur asem sunda pakai kacang kupas

Pembeda sayur asem sunda dan sayur asem betawi yang terakhir adalah penggunaan kacang tanah. Sayur asem betawi dibuat menggunakan kacang tanah tanpa dikupas, berbanding terbalik dengan sayur asem sunda. "Kalau sayur asem sunda tetap menggunakan kacang, tetapi tidak dengan kulitnya," ujarnya.  Biasanya, kacang dalam sayur asem betawi dihaluskan dengan terasi atau dimasukkan langsung ke dalam sayur setelah dikupas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Beda Sayur Asem Sunda dan Betawi, dari Rasa hingga Warna Kuah", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/09/133100175/3-beda-sayur-asem-sunda-dan-betawi-dari-rasa-hingga-warna-kuah.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm