Keju gouda dari Belanda terbuat dari susu sapi. Lapisan luar keju gouda dilapisi bungkus lilin merah tua.
Keju gouda dari Belanda terbuat dari susu sapi. Lapisan luar keju gouda dilapisi bungkus lilin merah tua. ( SHUTTERSTOCK/CHRIS CURTIS)

Pakai Kertas Roti, Berikut Cara Simpan Keju Gouda agar Tidak Kering

12 November 2023 15:24 WIB

SonoraBangka.id - Keju yang usianya sudah tua dan padat seperti gouda tahan sampai enam bulan di kulkas, jika belum dibuka. Bisa saja disimpan di suhu ruang tetapi tidak akan setahan saat disimpan di kulkas, seperti dilansir dari Healthline.

Sementara itu, keju tua padat yang sudah dibuka dapat bertahan tiga hingga empat minggu jika disimpan di kulkas. Best-by date biasanya tertera pada kemasan keju. Tanggal itu menunjukkan masa kualitas keju terbaik.

Setelah best-by date lewat, keju masih aman dikonsumsi walau mungkin rasa atau teksturnya sudah tidak optimal. Walau begitu, keju bisa saja membusuk sebelum tanggal itu salah satunya akibat salah cara menyimpan.

Sebelum menyantap keju, periksa dulu apakah ada bintik jamur berwarna biru atau hijau pada permukaannya. Jika ada, cukup ptong setidaknya 2,5 sentimeter di sekitar dan bawah bintik itu. Ciri keju tak layak makan juga bisa dari baunya.

Pada dasarnya, aroma keju memang tajam dan menyengat. Namun, bila baunya tajam seperti bau klorin atau amonia, itu tandanya keju sudah tak layak makan.

Menurut The Spruce Eats, keju gouda yang sudah dibuka sebaiknya dibungkus dengan cheese paper. Itu adalah kertas khusus untuk menyimpan keju yang lapisan luarnya berlapis lilin food grade dan bagian dalamnya dari plastik berpori.

Gunakan kertas perkamen atau kertas roti sebagai pengganti cheese paper. Bungkus keju yang sudah dibuka dengan rapat lalu masukkan ke dalam plastik klip besar tetapi tidak usah ditutup. Lipat plastik di sekeliling keju.

Cara itu dapat menahan masuknya kelembapan dan pertukaran udara di kulkas. Keju gouda yang usianya muda sebaiknya dibungkus rapat dengan plastik, masukkan ke dalam plastik klip dan tutup. Bisa dibekukan sampai dua bulan.

Bila mau, keju gouda muda beku bisa dicairkan dulu semalam di kulkas sebelum digunakan. Namun, teksturnya bakal menjadi rapuh. Disarankan untuk langsung menggunakan keju gouda muda beku pada masakan yang dipanggang agar keju melunak. Sementara itu, keju gouda tua tidak boleh dibekukan cukup simpan di suhu ruang atau kulkas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Simpan Keju Gouda agar Tidak Kering, Bisa Pakai Kertas Roti", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/09/112900975/cara-simpan-keju-gouda-agar-tidak-kering-bisa-pakai-kertas-roti.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm