Tuas transmisi matik Daihatsu Ayla R ADS CVT(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA)
Tuas transmisi matik Daihatsu Ayla R ADS CVT(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA) ( KOMPAS.COM)

Kesalahan Pengemudi yang Bisa Bikin Transmisi Mobil Matik Rusak

12 November 2023 15:33 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mobil matik banyak dipilih masyarakat berkat lebih mudah dioperasikan. Walau demikian, pengemudi tidak boleh asal-asalan memainkannya agar tidak terjadi panas berlebih atau overheat.

Berbeda dengan transmisi manual, transmisi matik bisa mengalami panas berlebih ketika beban kerjanya lebih berat dari yang seharusnya.

Maka dari itu, pengemudi mobil matik perlu memperhatikan kesalahan apa saja yang dapat membuat transmisi matik mengalami overheat.

Pemilik bengkel spesialis Worner Matic Hermas Efendi Prabowo mengatakan, tak sedikit pengendara yang menahan atau menggantung pedal gas saat berhenti di tanjakan padahal itu bisa menyebabkan kerusakan transmisi matik secara permanen.

Ketika transmisi dipaksa bergerak dalam kondisi terbebani oleh gaya dorong ke belakang saat menanjak, itu sama saja membuat transmisi bekerja lebih keras daripada biasanya menurut Hermas.

“Tekanan oli transmisi yang dihasilkan jadi lebih besar untuk mengimbangi gaya dorong ke belakang tersebut, itu membuat oli dan komponen transmisi lebih cepat panas, akhirnya overheat dan transmisinya hilang tenaga,” ucap Hermas dikutip dari Kompas.com, Minggu (4/6/2023).

Jamaludin, Head of Nissan Academy PT Nissan Motor Indonesia (NMI) mengatakan overheat pada transmisi matik terjadi lantaran adanya perbedaan putaran antara mesin dan laju kendaraan.

“Ketika putaran mesin atau Rpm tinggi dan terjadi selip di dalam torque converter sangat besar maka oli transmisi akan menjadi lebih panas, sehingga diperlukan pendinginan yang memadai,” ucap Jamal kepada Kompas.com, Senin (30/10/2023).

Jamal mengatakan selain sebagai pelumas oli matik juga sebagai fluida yakni cairan yang mentransfer tenaga mesin menjadi gaya putar pada masing-masing roda penggerak.

Oleh sebab itu oli matik saat bekerja selalu dalam tekanan tinggi dan selalu bersirkulasi maka dari itu ketika beban kerjanya bertambah suhunya akan cenderung lebih gampang meningkat.

“Pengguna sebaiknya tidak memaksakan mobil matik dengan membuat mesin berputar terlalu kencang namun laju mobil pelan dalam waktu lama, biasanya ini terjadi di tanjakan atau saat mobil menerima beban berat,” ucap Jamal.

Nah, itu tadi kesalahan pengemudi mobil matik yang dapat membuat transmisi matik overheat yakni menahan laju mobil dengan mengandalkan pedal gas saat menanjak sehingga terjadi selisih perbedaan putaran mesin dan roda cukup besar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kesalahan Pengemudi yang Bikin Transmisi Mobil Matik Rusak", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/12/120100515/kesalahan-pengemudi-yang-bikin-transmisi-mobil-matik-rusak.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm