Beberapa aksi Tukang Ganjel yang kerap ada di Tanjakan Ciburial, Nagreg, Kabupaten Bandung Jawa Barat, pada Senin (24/4/2023)(KOMPAS.COM/M. Elgana Mubarokah)
Beberapa aksi Tukang Ganjel yang kerap ada di Tanjakan Ciburial, Nagreg, Kabupaten Bandung Jawa Barat, pada Senin (24/4/2023)(KOMPAS.COM/M. Elgana Mubarokah) ( KOMPAS.COM)

Pandangan Pakar Safety Lihat Mobil Nanjak Menggunakan Cara Mundur

12 November 2023 18:58 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Video viral di media sosial Toyota Vellfire berhasil menanjak di jalan tanah dengan posisi mundur. Padahal sebelumnya mobil MPV mewah tersebut gagal menanjak dengan posisi biasa.

Menanjak dengan posisi mundur atau pakai gigi mundur sebetulnya bukan hal baru. Trik ini biasanya dilakukan dalam dunia off road. Logikanya gigi mundur punya rasio transmisi lebih besar dari gigi satu, makanya cara ini masuk akal.

Tapi karena banyak yang berhasil pakai cara ini timbul pertanyaan apakah boleh melakukan trik menanjak dalam posisi mundur di jalan raya biasa?

Kika mengacu pada video yang viral, Vellfire menanjak mundur di jalan gravel yang sepi bukan jalan raya yang ramai.

Jusri Pulubuhu, Defensive Driving Lead Instructor, Jakarta Defensive Driving Consulting, mengatakan, trik menanjak dengan posisi mobil mundur tidak disarankan dalam perspektif berkendara aman atau safety driving.

"Dari perspektif road safety kalau ini dilakukan di jalan raya sebetulnya tidak aman," kata Jusri kepada Kompas.com, Minggu (12/10/2023).

"Karena mobil berputar dan jalan mundur makan bidang pandang pengemudi terbatas dan ini bisa disikapi oleh kendaraan lain jadinya searah padahal berlawanan arah," kata Jusri.

"Karena kalau gerakan mundur tapi naik mobil tidak berada di jalur menanjak seharusnya di jalur lain dan jadi membahayakan pengguna jalan lain," ungkap Jusri.

Namun kata Jusri, kalau memang itu satu-satunya cara dan kemudian didukung dengan rekayasa jalan maka boleh dilakukan.

"Rekayasa jalan maksudnya misalkan di siru ada orang-orang yang membantu untuk mensterilkan jalan dan memastikan mobil bergerak tapi menyulitkan pengendara lain maka boleh dilakukan," kata Jusri.

Jusri mengatakan, fenomena menanjak pada elevasi curam dengan memutar arah mobil jadi mundur sering dilakukan pada mobil berpenggerak roda depan.

Alasanya yaitu dengan memutar posisi mobil jadi mundur artinya ban depan dipaksa jadi ban belakang. Roda yang tadinya menarik beban dialihkan menjadi mendorong mobil.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pandangan Pakar Safety Lihat Mobil Nanjak Pakai Cara Mundur", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/12/162100515/pandangan-pakar-safety-lihat-mobil-nanjak-pakai-cara-mundur.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm