lustrasi ikan gurame bakar, sambal, dan lalapan di atas piring.
lustrasi ikan gurame bakar, sambal, dan lalapan di atas piring. ( SHUTTERSTOCK/REEZKY PRADATA)

Berikut 3 Cara Membersihkan Ikan Gurame agar Tidak Bau Lumpur

14 November 2023 18:52 WIB

SonoraBangka.id - Ikan gurame banyak hidup di rawa dan kolam dangkal. Bila tidak diolah dengan baik, ikan bisa jadi masih beraroma lumpur atau tanah. Ada cara mengolah ikan gurame agar tidak bau lumpur.

Kuncinya bukan di jumlah bumbu, melainkan penggunaan air. Koki dan pengelola Lembur Kuring & Seafood Cimanggis menjelaskan tiga cara membersihkan ikan gurame yang benar berikut ini. 

1. Tempatkan ikan gurame hidup di air bersih

Bila berkesempatan membeli gurame hidup, sebaiknya jangan langsung dimasak, melainkan biarkan hidup di kolam baru. Siapkan wadah air atau kolam ikan dengan sirkulasi baik untuk menjaga gurame tetap hidup dengan udara dan air bersih. "Biasanya, kami tempatkan di kolam air bersih dulu buat antisipasi bau lumpur. Kolam itu pun harus ada sirkulasi yang bagus," jelas pengelola restoran sunda tersebut. "Itu akan membersihkan secara alami lumpur yang ada di dalam gurame," tambahnya saat ditemui Kompas.com, Rabu (8/11/2023).

2. Bersihkan sisik 

Bagian luar ikan gurame harus dibersihkan. Sisiknya bisa digosok menggunakan pisau hingga bersih. Menurut pengelola Lembur Kuring & Seafood Cimanggis, sisik ini juga memengaruhi aroma ikan saat matang.

3. Buang insang dan empedu

Setelah memotong ikan gurame, pisahkan dan buang bagian dalam ikan berupa insang dan empedu. "Bagian ini harus dibuang. Kalau kami, sampai sekarang tidak ada komplain sama sekali terkait bau ikan ini karena penanganannya harus tepat," jelas pengelola dan koki restoran. Menurut mereka, bumbu tidak diperlukan sebagai pembuang bau lumpur, melainkan penambah rasa saja.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Bersihkan Ikan Gurame agar Tidak Bau Lumpur, Tanpa Bumbu", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/13/150600775/3-cara-bersihkan-ikan-gurame-agar-tidak-bau-lumpur-tanpa-bumbu.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm