Kaca film V-Kool (V-Kool)
Kaca film V-Kool (V-Kool) ( KOMPAS.COM)

Mengapa Memasang Kaca Film Mobil dari Sisi Bagian Dalam?

14 November 2023 21:46 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kaca film merupakan aksesoris yang paling sering dipakai pada mobil. Kaca film dapat mereduksi panas pada kabin sehingga membuat penumpang jadi lebih nyaman.

Pada prakteknya, kaca film biasanya ditempel dari bagian dalam bukan dari luar. Hal ini ternyata memiliki tujuan tersendiri.

Martin Batara, pemilik 3M Authorized Dealer di Jakarta Barat dan Tangerang, mengatakan, kaca film biasanya ditempel dari dalam agar umur kaca film lebih panjang.

"Kenapa kaca film dipakai di bagian dalam, sebetulnya kaca film bisa dipakai dari dalam atau luar, cuma kalau dipakai dari bagian luar tidak akan lama," kata Martin kepada Kompas.com, Selasa (14/11/2023).

"Karena kalau ditempel langsung di luar film akan terkena panas matahari, hujan dan debu. Kalau dipakai di luar umurnya hanya hitungan bulan. Tapi kalau dari dalam di 3M garansi 5 tahun tapi optimalnya bisa 5-7 tahun," ujar Martin.

Mengenai kaca film, Martin mengatakan, kaca film pada dasarnya terbagi jadi tiga dan tidak semuanya untuk dipakai di melapisi kaca mobil.

"Kaca film terbagi dalam tiga kategori," kata Martin.

"Pertama dekorasi film yang warna warni dan tidak ada fungsi selain estetika, kemudian ada sunshield film yang biasa dipakai di mobil, yang memberikan privasi dan tolak panas, dan ketiga itu ada security film, dia bisa anti-cacat bahkan anti peluru," ungkapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengapa Memasang Kaca Film Mobil dari Sisi Dalam?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/14/102200715/mengapa-memasang-kaca-film-mobil-dari-sisi-dalam-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm