Ilustrasi Foxconn.
Ilustrasi Foxconn. ( AppleInsider)

Perusahaan Perakit iPhone Luncurkan Dua Satelit ke Orbit

15 November 2023 10:11 WIB

SonoraBangka.ID - Hon Hai Precision Industry atau yang lebih dikenal sebagai Foxconn meluncurkan dua satelit orbit rendah bumi (low earth orbit/LEO) mereka pada Sabtu (11/11/2023) lalu.

Peluncuran ini dilakukan bekerja sama dengan perusahaan pengurus misi satelit asal Jerman Exolaunch, dan perusahaan roket asal Amerika Serikat SpaceX. Bagi Foxconn, peluncuran satelit LEO ini merupakan tonggak sejarah.

Sebab, perusahaan tersebut lebih dikenal sebagai perakit iPhone terbesar di dunia dan barang elektronik lainnya, termasuk laptop dan mobil listrik.

Dua satelit Foxconn ini masing-masing diberi nama "Pearl-1H" dan "Pearl-1C". Keduanya dibuat bekerja sama dengan teknisi dari National Central Universtiy (NCU) Taiwan. Keduanya masih dalam tahap purwarupa (prototipe) dan masing-masing memiliki bobot sekitar 9 kg.

Kedua satelit tersebut memiliki bentuk kotak dan sudah dilengkapi dengan beragam komponen penting seperti kamera, komponen untuk menjalankan beragam proses komunikasi, dan lain sebagainya.

Dengan bobot dan aneka komponen ini, Foxconn mengeklaim Pearl-1H dan Pearl-1C mampu mengorbit bumi setiap 96 menit sekali dengan ketinggian 520 km di atas permukaan bumi, sebagaimana dirangkum dari Fortune, Rabu (15/11/2023).

Ketua Komisaris Foxconn, Young Liu, mengatakan bahwa peluncuran dua satelit pertama mereka ini merupakan komitmen dan strategi perusahaan untuk "melebarkan sayap" dan mencari cuan di lini bisnis lain.

Beberapa di antaranya seperti kendaraan listrik, teknologi kesehatan, AI, semikonduktor, dan komunikasi satelit.

"Peluncuran satelit ini bertujuan supaya Foxconn bisa berkembang dalam 10-15 tahun ke depan, tanpa harus fokus atau bergantung di satu lini bisnis saja," ujar Liu dalam sebuah pernyataan kepada kantor berita Bloomberg, seperti dihimpun dan dikutip Fortune

Pihak Foxconn juga mengatakan bahwa satelit ini nantinya akan digunakan untuk mendukung layanan komunikasi, seperti internet via satelit dan sekaligus mendukung strategi layanan komunikasi gesit Beyond 5G (B5G).

Hal ini sejalan dengan rencana pemerintah Taiwan yang dikabarkan bakal meluncurkan satelit LEO perdana mereka untuk layanan internet, sebagai alternatif dari layanan internet yang mengandalkan kabel komunikasi bawah laut.

Selain itu, satelit ini juga nantinya bisa dipakai untuk menopang fitur komunikasi di berbagai produk rakitan Foxconn, salah satunya seperti mobil listrik yang membutuhkan koneksi internet secara real time.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perusahaan Perakit iPhone Luncurkan Dua Satelit ke Orbit", Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2023/11/15/07000087/perusahaan-perakit-iphone-luncurkan-dua-satelit-ke-orbit.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm