Anggota DPRD Kota Pangkalpinang Rio Setiady
Anggota DPRD Kota Pangkalpinang Rio Setiady ( dok Bangkapos.com )

Pj Wali Kota Bukan Tiga Nama Usulan DPRD Kota Pangkalpinang, Ini Tanggapan Anggota DPRD

15 November 2023 14:20 WIB

SonoraBangka.id - Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang bukan dari tiga nama yang diusulkan oleh DPRD Kota Pangkalpinang, Dra. Lusje Anneke Tabalujan merupakan Pj terpilih yang ditunjuk langsung oleh Mendagri.

Padahal beberapa bulan lalu, DPRD Kota Pangkalpinang telah mengusulkan tiga nama calon Pj Wali Kota tersebut kepada Kemendagri.

Anggota DRPD Kota Pangkalpinang Rio Setiady menyebut, secara aturannya memang DPRD berhak untuk mengusulkan tiga nama dan dari Kemendagri juga demikian.

Namun menurutnya, hasil final tetap ada di Kemendagri, dan DPRD sifatnya hanya memberikan usulan kandidat untuk menjadi pertimbangan Pj Wali Kota ke depan.

"Fakta hari ini Pj Wali Kota memang bukan dari tiga nama yang diusulkan oleh DPRD Kota Pangkalpinang, kami memaklumi karena Kemendagri memiliki otoritas dalam menentukan Pj kepala daerah sebagaimana juga dengan Pj Gubernur dan Pj Bupati di Bangka juga merupakan kewenangan dari Kemendagri," sebut Rio kepada Bangkapos.com, Rabu (15/11/2023).

Kata Rio, secara aturan DPRD sudah menyerahkan tiga nama yang dianggap layak untuk menjadi Pj kepala daerah di Kota Pangkalpinang. 

"Namun, apapun hasil akhir yang diputuskan kami tetap mengikuti, semoga Pj Wali Kota yang baru ini dapat melanjutkan program yang telah dicanangkan oleh bapak Molen-Sopian agar Pangkalpinang menjadi lebih baik kedepannya," tegasnya.

Dia berharap, Pj Wali Kota yang baru dapat berkoordinasi dengan Sekretaris Daerah serta kepala OPD yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Pangkalpinang.

Apalagi, kata Rio, Pj yang ditunjuk ini memang bukan berlatar belakang tinggal di Kota Pangkalpinang. Sehingga perlu untuk banyak berdiskusi dan membicarakan banyak hal untuk pembangunan dan program kerja kedepannya selama setahun ini. 

"Kami di DPRD pun siap bekerjasama agar pembangunan yang berjalan di Kota Pangkalpinang dapat terus dilaksanakan dan semakin memiliki efek yang dapat dirasakan oleh masyarakat luas. Semoga Pj Wali Kota yang baru dapat terbuka terhadap masukan dan saran dari masyarakat kita untuk pembangunan yang akan dijalankan, selamat melaksanakan tugas," tuturnya.


Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Pj Wali Kota Bukan Tiga Nama Usulan DPRD Kota Pangkalpinang, Begini Tanggapan Anggota DPRD, https://bangka.tribunnews.com/2023/11/15/pj-wali-kota-bukan-tiga-nama-usulan-dprd-kota-pangkalpinang-begini-tanggapan-anggota-dprd.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm