Gerbang Tol (GT) Benoa Tol Bali Mandara.(Dok. Kementerian PUPR.)
Gerbang Tol (GT) Benoa Tol Bali Mandara.(Dok. Kementerian PUPR.) ( KOMPAS.COM)

Transaksi Tol Nirsentuh Siap Uji Coba pada Desember 2023

15 November 2023 14:38 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menginisiasi penerapan sistem transaksi tol nontunai nirsentuh Multi Lane Free Flow (MLFF).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, sistem MLFF akan semakin meningkatkan pelayanan jalan tol melalui digitalisasi transformatif.

"Pada Desember 2023, kita akan memulai uji coba penggunaan sistem transaksi tanpa kontak atau MLFF di enam ruas jalan tol, dimulai dari Jalan Tol Bali-Mandara,” ujar Basuki, dalam keterangan resmi, Selasa (14/11/2023).

Basuki mengatakan, meskipun dalam prosesnya tentunya diiringi dengan berbagai tantangan, Pemerintah Indonesia tetap berkomitmen untuk menyukseskan penerapan sistem MLFF ini.

"Ini adalah transisi, seperti halnya dulu kita beralih dari transaksi cash menjadi non cash dengan tapping. Teknologinya pasti sudah siap, tantangannya bagaimana implementasinya kepada masyarakat," ucap Basuki.

Sementara itu, Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian mengatakan, proses uji coba transisi MLFF secara terbatas di Jalan Tol Bali-Mandara akan dilaksanakan pada minggu kedua Desember 2023 selama sekitar dua minggu.

"Setelah diuji coba selama dua minggu, kita akan evaluasi. Jika dinilai telah berhasil, akan segera kita expand penerapannya di jalan tol lainnya. Jika masih ada kekurangan, akan segera diperbaiki dan diuji coba kembali," ucap Hedy.

Untuk diketahui, sistem MLFF ini memakai teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) dan melakukan transaksi melalui aplikasi Cantas di smartphone.

Selanjutnya GPS akan menentukan lokasi yang dideterminasi oleh satelit dan proses map-matching akan berjalan di central system. Saat kendaraan keluar tol dan proses map-matching berakhir, sistem akan melakukan kalkulasi tarif.

Dengan diimplementasikannya sistem ini pengendara tidak lagi perlu berhenti dan kendaraan dapat terus berjalan seperti biasa, sehingga tidak ada lagi antrian pada gerbang tol dan mempersingkat waktu tempuh dan efisien.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Transaksi Tol Nirsentuh Siap Uji Coba Desember 2023", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/15/090200115/transaksi-tol-nirsentuh-siap-uji-coba-desember-2023.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm